Cari Tahu Bahaya Klorin untuk Rambut Setelah Berenang

Sumber: Dove
Rabu, 24 November 2021 | 20:55 WIB
Cari Tahu Bahaya Klorin untuk Rambut Setelah Berenang

ILUSTRASI. Cari Tahu Bahaya Klorin untuk Rambut Setelah Berenang

MOMSMONEY.ID - Bahan kimia penjernih air berfungsi untuk menetralkan kuman bakteri di dalam kolam renang. Anda sangat tidak asing lagi dengan bahan kimia seperti kaporit dan klorin yang ada di dalam kolam renang.

Saat bereaksi dengan rambut, zat ini akan merusak struktur yang menjaga kekuatan rambut, mengikis kadar protein atau keratin alami, hingga mengubah warna rambut. Anda perlu waspada dengan bahan kimia tersebut, lebih jelasnya ini bahaya klorin untuk rambut Anda setelah berenang yang dikutip dari dove.com, yaitu: 

1. Rambut menjadi rontok

Bahaya klorin untuk rambut setelah berenang yaitu rambut menjadi rontok. Hal ini dikarenakan folikel rambut yang terpapar klorin menyerap bahan kimia ini hingga ke bagian sel-sel terkecil di kepala dan rambut. Sehingga mengakibatkan rambut menjadi lebih kering, minyak alami berkurang, dan melemahnya folikel rambut. Rambut pun akan mudah mengalami rontok dan rusak.

Baca Juga: Terlindung dari Sinar UV, Kenali Manfaat Zinc Oxide untuk Kesehatan Kulit

2. Rambut menjadi kering, kusam dan rusak

Bahaya klorin untuk rambut setelah berenang selanjutnya adalah rambut menjadi kering, kusam dan rusak. Klorin mampu merusak lapisan keratin rambut, menyebabkan pengkristalan di bagian dalam batang rambut sehingga menyebabkan rapuh dan bercabang. Selain itu, klorin juga dapat menembus kutikula dan menghilangkan lapisan pelindung rambut. Hal ini menjadikan rambut Anda mudah kasar, kering, rusak, dan kusam.

Kolam Renang

3. Mempercepat proses penuaan rambut

Klorin juga bisa mempercepat proses penuuan rambut Anda karena dapat meningkatkan radikal bebas. Jika rambut terkena bahan ini secara terus-menerus, produksi radikal bebas semakin cepat terjadi. Akibatnya, penuaan dini pada rambut akan terlihat jelas dengan munculnya tanda-tanda warna rambut yang beruban, berkurangnya warna hitam pekat di rambut, hingga menyebabkan perubahan pada sel-sel folikel.

Baca Juga: Supaya Anak Anda Cerdas Secara Emosional, Terapkan Kiat-Kiat Berikut Ini

4. Berkurangnya elastisitas rambut

Bahaya klorin untuk rambut setelah berenang lainnya adalah berkurangnya elastisitas rambut. Jika elastisitas rambut berkurang, rambut akan mudah patah di bagian batang. Jika Anda sering berenang di kolam yang mengandung klorin, zat ini mampu merusak struktur ikatan di setiap serat rambut sehingga rambut mudah patah dan rontok.  

 

 

 

Selanjutnya: 5 Super Food yang Sangat Bagus untuk Mendorong Kesehatan dan Pertumbuhan Anak

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru