HOME, Bugar

Cari Tahu 3 Manfaat Kandungan Zinc Oxide untuk Kesehatan Kulit

 Cari Tahu 3 Manfaat Kandungan Zinc Oxide untuk Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Zinc Oxide merupakan salah satu bahan pembuat sunscreen yang paling aman. Hal ini dikarenakan kandungannya mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit, baik itu kulit berminyak, kulit kering hingga sensitif.

Melansir dari anessa.id, zinc oxide adalah kandungan mineral berwarna putih dan bertekstur bubuk, ciri khasnya seperti tidak larut dalam air. Selain sunscreen, zinc oxide juga digunakan untuk produk bayi, salep, krim dan lotion.

Jika Anda tertarik dengan zinc oxide ini, cari tahu lebih jauh manfaat zinc oxide untuk kesehatan kulit yang dilansir dari anessa.id dan jovee.id, yaitu : 

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Manfaat zinc oxide untuk kesehatan kulit pertama yaitu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Zinc oxide memang sering digunakan sebagai sunscreen. Kemampuan zinc oxide untuk memantulkan kembali sinar radiasi UV dari matahari dan menghamburkannya membuatnya banyak digunakan pada produk kosmetik sunscreen. 

Kemudian, zinc oxide merupakan bahan sunscreen yang terbaik dan terlembut dioleskan pada kulit Anda. Hal ini bersumber dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (U.S. FDA) yang menyatakan bahwa Zinc Oxide merupakan satu-satunya filter UV yang aman digunakan oleh bayi dengan umur di bawah enam bulan. 

Oleh karena itu, menggunakan produk sunscreen yang berbahan zinc oxide dapat mencegah penuaan dini dan kulit yang terbakar karena sinar matahari. Anda bisa melihat komposisi kandungan produk kosmetik yang mengandung zinc oksida untuk mencegah paparan dari sinar matahari berlebih.

Sunscreen

Baca Juga: Pahami 4 Cara Menjaga Kulit Ketika Berolahraga, Tidak Sulit!

2. Mengatasi Ruam Kulit

Manfaat zinc oxide selanjutnya adalah mengatasi ruam kulit. Zinc oxide bisa mengatasi kulit yang terasa gatal atau panas akibat ruam, serta membantu melindungi kulit dari iritasi lebih lanjut dengan membentuk lapisan perlindungan di kulit. Kandungan zinc oxide sering digunakan juga pada produk khusus untuk bayi, karena kandungannya ramah dengan kulit bayi. 

3. Mencegah Kanker Kulit

Manfaat zinc oxide lainnya adalah mencegah kanker kulit. Sinar UV tidak hanya menyebabkan penuaan dini pada kulit, namun bisa juga menyebabkan penyakit yang lebih serius yaitu kanker kulit.

Hal ini dikarenakan kemampuan sinar UV yang dapat menembus ke dalam lapisan kulit yang akhirnya dapat membunuh sel-sel kulit serta merusak DNA pada sel kulit. Oleh karena itu, kandungan zinc oxide pada sunscreen sangat membantu mencegah terjadinya kanker kulit. 

Kemampuan Zinc Oxide untuk memantulkan sinar UV dan menghamburkannya kembali ke udara dapat mencegah sinar UV menembus hingga ke dalam lapisan kulit yang akhirnya dapat merusak DNA pada sel kulit, yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News