Bugar

Cari Obat Covid-19? Cek Stoknya di Apotek Lewat Farmaplus

Sumber: Kementerian Kesehatan RI
Selasa, 13 Juli 2021 | 20:27 WIB
Cari Obat Covid-19? Cek Stoknya di Apotek Lewat Farmaplus

ILUSTRASI. A box of the drug Ivermectine, made by Biogaran, is pictured on the counter of a pharmacy, as the spread of the coronavirus disease (COVID-19) continues, in Paris, France, April 28, 2020. REUTERS/Benoit Tessier

MOMSMONEY.ID - Pada masa pandemi ini, fasilitas kesehatan menjadi hal terpenting yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. Kementerian Kesehatan terus melakukan pembaruan pelayanan untuk memudahkan masyarakat mengakses fasilitas kesehatan.

Salah satunya dengan membuat aplikasi Farmaplus yang memungkinkan masyarakat mengakses ketersediaan obat di apotek.

Aplikasi tersebut dapat diakses melalui https://farmaplus.kemkes.go.id/.  Dalam situs tersebut, terdapat 7 jenis obat yang tersedia di 3.136 apotek, yakni Azithromycin, Favipiravir, Immunoglobulin, Ivermectin, Oseltamivir, Remdesivir, dan Tocilizumab.

Baca Juga: Baru Masuk Indonesia, Yuk Kenali Vaksin Moderna!

''Farmaplus ini bisa diakses dengan mudah. Kita bisa ketahui di apotek mana obat yang sedang kita cari berada,'' kata Plt. Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan drg. Arianti Anaya dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (10/7), seperti dilansir kemkes.go.id.

Cara mengaksesnya, Anda hanya perlu memilih obat yang ingin dicari dengan mengklik kolom kosong di sisi kiri nama obat. Kemudian mengisi provnsi dan kabupaten/kota tempat tinggal. Setelah itu, situs Farmaplus akan memberikan informasi ketersediaan obat di sekitar tempat tinggal Anda.

Baca Juga: Jenuh PPKM di rumah? Yuk Makeover Ruangan Aja!

Aplikasi Farmaplus dikembangkan dengan jejaring apotek sampai ke seluruh Indonesia. Dalam hal ini, pemerintah telah mendorong seluruh industri farmasi baik swasta maupun BUMN untuk meningkatkan kapasitas produk dan mempercepat proses importasi obat.

Pendistribusian obat-obat ke Faskes dan ke apotek-apotek juga terus dipantau untuk menghindari adanya penimbunan.

Namun, ada yang perlu diingat untuk seluruh masyarakat yang hendak membeli obat. drg. Arianti mengimbau agar masyarakat berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk membeli obat terapi COVID-19, kecuali vitamin.

Selanjutnya: Empat Minuman Ini Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

 

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru
momsmoney.id