BisnisYuk

Cari Cuan dari Konten sebagai Content Creator? Ini Dia Tips dari Dhiarcom dan Shopee

Cari Cuan dari Konten sebagai Content Creator? Ini Dia Tips dari Dhiarcom dan Shopee

MOMSMONEY.ID - Tertarik untuk terjun atau menekuni kreativitas konten? Nah, Dhiarcom bersama Shopee punya tips biar konten jadi lebih asyik sehingga menghasilkan cuan buat content creator.

Dalam acara bincang Shopee 6.6 beberapa waktu lalu, Dhiarcom, seleb and tech influencer, mengatakan, dirinya sudah menekuni profesi ini sejak 2009 lalu.

Dhiarcom melihat, saat itu kemajuan teknologi dan perkembangan sosial media belum se-masif saat ini.

"Saat ini, bukan hanya jenis konten saja yang berkembang, tetapi mulai dari kemudahan akses terhadap variasi pilihan produk elektronik yang dapat digunakan untuk menekuni profesi ini hingga program dan fitur yang dihadirkan," katanya.

"Salah satunya seperti Shopee Affiliate Program itu memberikan kesempatan lebih besar untuk mengawali langkah dan meningkatkan daya tarik melalui keterlibatan dengan audiens," ujar dia.

Baca Juga: Mengintip Peluang Bisnis dari Teknologi Kecerdasan Buatan, Ini Tips Memulai Usaha

Daniel Minardi, Head of Brands Management and Digital Products Shopee Indonesia, bilang, konten visual menajdi salah satu bukti bahwa kemajuan teknologi telah menghadirkan medium yang tidak hanya menawarkan tetapi juga ruang berkreasi.

Di Shopee pun, manajemen berkomitmen membantu pengguna untuk memenuhi segala kebutuhan dengan program menarik dan berkualitas dari berbagai kategori.

"Kebutuhan ini tidak hanya meliputi produk yang mendukung aktivitas sehari-hari pengguna, tetapi juga wadah yang dapat menunjang hobi serta kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk menggali potensi dan menciptakan peluangnya, baik bagi pengguna, konten kreator hingga pelaku usaha," kata Daniel.

Nah, Dhiarcom membagikan beberapa tips mencari cuan dari konten:

Pertama, tentukan niche sebagai kreator. Di era seperti sekarang, orang bisa membuat dan menunggah konten dengan mudah. Oleh karena itu, untuk membedakan konten Anda dari jutaan content creator di luar sana sangatlah penting.

Kedua, sesuaikan keahlian dan hobi yang dimiliki. Dalam menciptakan konetn pilih yang sesuai dengan keahlian atau minat agar memberika nilai tambah kepada audiens.

Baca Juga: Ingin Mulai Budidaya Lele? Simak Tips Sukses Budidaya Ikan Lele Buat Pemula

Ketiga, konsisten dan terus upgrade kualitas konten. Menurut Dhiarcom, konsisten dalam menghasilkan konten juga menjadi faktor penting membangun ekspektasi, kepercayaan, dan hubungan jangka panjang terhadap audiens.

"Kalau masih merintis, tidak perlu kok langsung beli peralatan yang paling bagus dan mutakhir atau bayar editor pribadi, mulai saja pelan-pelan," ungkapnya.

"Tidak ada salahnya pakai smartphone dulu, lalu agar video lebih bagus juga bisa dicicil, misalkan, beli ring light dan microphone di Shopee yang menyediakan banyak sekali ragam produk mulai dari yang terjangkau sampai yang memang grade profesional," ucap dia.

Keempat, jangan takut memulai dan memanfaatkan peluang. Banyak orang merasa ragu dan terhambat oleh ketakutan akan kegagalan atau kurangnya pengalaman.

Namun, penting untuk mengatasi rasa takut ini dan memulai langkah pertama. Perlu diingat, semua content creator yang sekarang sudah sukses pun pernah ada di titik nol.

Itulah tips biar konten jadi lebih asyik sehingga menghasilkan cuan buat content creatorNah, sudah siapkah Anda membuat konten?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News