HOME, Keluarga

Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mengecek Kondisi Kesehatan Burung Peliharaan

Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mengecek Kondisi Kesehatan Burung Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Burung yang dipelihara memang lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam sangkar. Namun, mereka membutuhkan perawatan yang tepat, lingkungan yang baik, olahraga teratur, stimulasi mental, makanan bergizi, dan pengecekan kesehatan.

Pengecekan kondisi kesehatan ini penting karena burung sering tetap tampak sehat, meski dirinya sedang sakit. Tanda-tanda penyakit sering tidak terlihat pada burung, sehingga harus diamati lebih saksama.

Pemeriksaan Kesehatan Burung Peliharaan

Memeriksa kesehatan burung perlu dilakukan secara rutin. Ini adalah kunci untuk memastikan kesehatannya terus terjaga dan mencegah penyakit.

Bila akhirnya ditemukan tanda-tanda penyakit pada burung, Anda dapat membantunya mendapat penanganan lebih cepat.

Baca Juga: Bulu Burung Peliharaan Mengalami Kerontokan? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Dilansir dari Bestfriends, tanda-tanda kesehatan yang baik pada burung termasuk mata yang cerah, bulu yang bersih dan berkilau, nafsu makan yang baik dan banyak energi.

Burung yang sehat sering makan dan berperilaku cukup aktif. Kotoran mereka pun keluar dengan sangat normal. Jadi, perhatikan baik-baik bila ada perubahan dalam sikap atau perilaku normal burung Anda.

Hal-Hal yang Perlu Diperiksa dari Kondisi Kesehatan Burung

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa dari kondisi kesehatan burung. Dilansir dari RSPCA, berikut beberapa hal itu:

  • Penampilan kotoran (kualitas dan kuantitas).
  • Jumlah makanan atau air yang dikonsumsi.
  • Perilaku (misalnya kemampuan untuk terbang).
  • Penampilan atau postur (misalnya mengantuk, bingung, atau kecemasan).
  • Berat badan.
  • Frekuensi dan kedalaman pernapasan.

Baca Juga: Mengenal Burung Kakapo, Burung Beo Asal Selandia Baru yang Tidak Bisa Terbang

Ketahui kondisi normal dari setiap poin di atas. Setiap perubahan frekuensi pada indikator tersebut, bisa menandakan adanya masalah kesehatan pada burung peliharaan.

Menjaga Kesehatan Burung Peliharaan

Selain mengecek kondisi kesehatannya secara rutin, Anda juga harus selalu menjaga kesehatan burung peliharaan. Paling utama adalah mengenai menu makanannya. Pastikan bahwa burung mendapatkan makanan yang tepat dengan kandungan gizi seimbang. Selain itu, kebutuhan lingkungan yang baik dan aman akan mencegah kecelakaan dan meminimalkan stres untuk peliharaan Anda.

Terakhir adalah menjaga kebersihan kandangnya sebagai bagian dari pencegahan penyakit. Sebab, kandang yang kotor yang menjadi sarang kuman yang dapat menginfeksi burung peliharaan. Anda juga perlu membantunya dengan mandi, pemangkasan kuku, kebersihan bulu, dan paruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News