Keluarga

Cara Tidur Cepat Dalam 30 Detik, Coba Metode 10-3-2-1-0

Cara Tidur Cepat Dalam 30 Detik, Coba Metode 10-3-2-1-0

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda sering sulit tidur di malam hari sehingga mengganggu aktivitas Anda di hari berikutnya? Yuk intip cara tidur cepat dalam 30 detik dengan metode 10-3-2-1-0.

Metode 10-3-2-1-0 adalah salah satu metode supaya Anda bisa cepat tidur yang mudah diterapkan. Jika metode ini berhasil Anda lakukan dijamin hari Anda akan lebih cerah, bahagia dan produktif. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Perhiasan Emas Putih yang Menguning, Bisa Dilakukan di Rumah

Sebelum mengenal cara tidur cepat dalam 30 detik dengan metode 10-3-2-1-0, Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan Anda tidur nyenyak. Melansir Homes and Gardens, tubuh kita memproduksi hormon melatonin yang membuat kita merasa ngantuk sekitar pukul 10-11 malam. 

Jika pada jam-jam tersebut Anda sudah berada di kasur, maka Anda bisa tidur dengan nyenyak. Jika tidak, maka sebaiknya Anda membuat jadwal tidur yang rutin salah satunya dengan metode 10-3-2-1-0. 

Lalu apa sebenarnya metode 10-3-2-1-0? Supaya Anda bisa tidur cepat dalam 30 detik, maka lakukan metode ini:

  • 10 jam sebelum tidur berhenti mengonsumsi kafein.
  • 3 jam sebelum tidur berhenti mengonsumi alkohol. 
  • 2 jam sebelum tidur berhenti bekerja. 
  • 1 jam sebelum tidur matikan layar gawai Anda. 
  • 0 jangan pernah snooze atau menunda alarm Anda. 

Sekarang, Anda perlu tahu bahwa dewasa usia 18-64 tahun membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per hari, lansia di atas 65 tahun membutuhkan 7-8 jam dan remaja 14-17 tahun butuh 8-10 jam per hari untuk tidur. 

Pada dasarnya setiap orang memiliki 4 fase tidur yaitu 3 fase tidur non-REM (rapid eye movement) dan satu fase REM. Anda membutuhkan 90 menit untuk melengkapi 4 fase tersebut selama 7-9 jam waktu Anda tidur. 

Untuk menghindari lelah saat bangun di pagi hari, waktu yang paling tepat untuk tidur adalah di fase non-REM. Ini adalah fase awal pada siklus tidur Anda. Jadi Anda bisa hitung dengan kelipatan 90 menit dalam 7-9 jam tidur untuk mengatur alarm bangun di pagi hari. Coba mulai tidur pada jam 11 malam. 

Jika sudah menentukan jam tidur pukul 11 malam, maka Anda harus berhenti minum kafein pada jam 1 siang. Di atas jam tersebut, hindari mengonsumsi kafein. Kemudian batasi jam Anda meminum alkohol hanya sampai jam 8 malam. 

Kemudian Anda harus berhenti bekerja pada pukul 6 sore. Sebisa mungkin Anda tak melakukan hal-hal yang membuat otak Anda bekerja keras. Kemudian pada pukul 10 malam, Anda harus mematikan seluruh layar Anda. 
Baca Juga: Mengapa Memakai Celana Dalam Sebaiknya Berbahan Katun?

Di saat harus bangun, jangan pencet snooze pada alarm Anda. Lebih baik Anda bangun telah 10-30 menit dibanding tidur sebentar untuk bangun di alarm berikutnya. Pola ini akan memberikan sinyal pada tubuh Anda untuk bangun meski Anda masih mengantuk. Ini justru merusak pola tidur Anda. 

Demikian informasi mengenai cara tidur cepat dalam 30 detik dengan metode 10-3-2-1-0. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News