HOME, Bugar

Cara Tepat Memilih Sabun Wajah, Tidak Sulit!

Cara Tepat Memilih Sabun Wajah, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Sabun wajah adalah produk basic skincare yang harus dimiliki banyak orang. Sabun wajah berfungsi untuk membersihkan dan merawat kesehatan kulit muka paling dasar.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan memakai sabun wajah.

Jika masih bingung menentukan sabun yang tepat buat kulit wajah. Berikut cara tepat memilih sabun wajah yang dirangkum dari laman senka.id: 

Mencuci muka

1. Pahami jenis kulit

Cara pertama memilih sabun muka yaitu pahami jenis kulit wajah yang dimiliki. Hal ini disebabkan sabun muka belum tentu cocok digunakan oleh semua jenis kulit wajah.

Mengetahui jenis kulit wajah tidak sulit, Anda bisa mencuci muka di pagi hari menggunakan air sambil dikeringkan perlahan menggunakan handuk. Lalu, diamkan kulit hingga kering sambil beraktivitas seperti biasa.

Pada kulit normal, tampilan wajah akan tetap lembut dan tidak terasa minyak. Pada kulit kering, terasa kencang dan kasar saat disentuh. Pada kulit berminyak, kulit akan menjadi lengket dan terasa mengilap.

Selanjutnya, buat kulit kombinasi, kulit akan berminyak di sekitar T-zone dan normal di area pipi. Terakhir, ciri kulit sensitif yaitu kulit mudah gatal dan merah saat disentuh. Pahami kondisi kulit wajah Anda saat itu dan temukan jenis kulit wajah Anda. 

2. Cek kandungan produk

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa kandungan produk sabun muka. Ada beberapa jenis kandungan tertentu bisa jadi ampuh mengatasi permasalahan kulit, tapi tidak cocok di tipe kulit lainnya.

Jika jenis kulit Anda terasa kering dan kencang, sabun cuci muka yang mengandung collagen bisa jadi opsi agar kulit wajah tetap lembap setelah dibersihkan. Sedangkan, bila kulit sensitif, bisa memilih produk dengan kandungan Beauty Serum yang lembut dan mampu menutrisi kulit. 

Baca Juga: Promo Traveloka TTM s.d 26 Juni, Dapatkan Diskon Tiket Kereta Api hingga Rp 50.000

3. Pilih sesuai masalah kulit

Setelah tahu jenis kulit dan kandungan produk sabun muka, Anda juga harus memilih produk sesuai masalah kulit. Umumnya, setiap brand telah memiliki produk dengan kategori tertentu.

Contohnya, ditujukan bagi pemilik kulit kusam, berjerawat, dan hiperpigmentasi. Anda mencari tahu apa permasalahan kulit wajah dan menyesuaikan kembali dengan sabun muka yang tersedia di pasaran. 

4. Cari review produk

Cara tepat memilih sabun muka berikutnya adalah cari review produk. Anda bisa mencari review atau sekadar konsultasi dengan orang yang pernah menggunakan produk sebelumnya.

Alasannya karena melalui pengalaman orang lain, setidaknya bisa Anda jadikan patokan apakah produk tersebut efektif di tipe dan permasalahan yang serupa dengan kulitmu atau malah sebaliknya. 

Jika baru sekadar ingin tau produk tersebut, Anda bisa mencobanya dengan membeli produk dengan ukuran travel size. Jadi, kalau sabun muka yang digunakan tidak cocok, produknya tidak terbuang sia-sia. 

5. Hindari kandungan SLS & paraben

Cara memilih sabun muka terakhir yaitu hindari kandungan SLS dan paraben. Kandungan tersebut bisa memicu iritasi dan breakout apabila kulit ANda pemilik kulit sensitif.

Sodium Laureth Sulfate atau detergen bertugas untuk menghilangkan minyak alami di wajah. Apabila Anda memakai produk dengan kandungan ini dalam jangka waktu lama, maka kulit akan semakin kering dan timbul sensasi tertarik. 

Selain itu, kandungan paraben biasanya berguna sebagai bahan pengawet skincare agar bertahan lama. Sehingga, tidak disarankan untuk diaplikasikan pada kulit dalam jangka waktu lama. Namun, bila kadarnya tidak melebihi 0,4%-0,8%, produk bertuliskan methylparaben, ethylparaben, dan butylparaben masih aman dipakai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News