Santai

Cara Setting Proxy WhatsApp, Bisa Chat Tanpa Internet di Android dan iPhone

Cara Setting Proxy WhatsApp, Bisa Chat Tanpa Internet di Android dan iPhone

MOMSMONEY.ID - WhatsApp telah mengumumkan tambahan dukungan proxy untuk WhatsApp. Cara setting proxy WhatsApp cukup mudah. 

Cara setting proxy WhatsApp berikut ini akan memudahkan pengguna untuk chat atau mengirim pesan tanpa internet. 

Cara setting proxy WhatsApp dapat dilakukan di Android dan iPhone. Akun WhatsApp yang digunakan melalui server proxy akan menawarkan enkripsi end-to-end yang sama dengan yang tersedia pada akun yang digunakan tanpa proxy.

Ini pada dasarnya berarti pesan dan lampiran Anda tidak akan dapat diakses oleh server proxy yang Anda gunakan untuk online di WhatsApp.

Baca Juga: Twibbon Mixue Gang Jaya Jaya Jaya Terbaru 2023, Download Gratis di Sini

WhatsApp tidak menyediakan proxy kepada pengguna. Pengguna harus menemukan proxy dan memasukkan alamatnya di pengaturan WhatsApp sebelum mereka dapat menggunakannya.

WhatsApp juga telah membagikan langkah-langkah tentang cara setting proxy WhatsApp Anda secara mandiri.

Pengguna WhatsApp sekarang dapat menemukan opsi untuk menggunakan proxy dengan akun WhatsApp mereka di dalam menu pengaturan dalam aplikasi.

whatsapp messenger template on mobile phone mockup

Mengutip The Hindu Business Line, berikut cara setting proxy WhatsApp di Android.

1. Buka aplikasi WhatsApp dan buka pengaturan.

2. Ketuk penyimpanan dan data.

3. Gulir ke bawah untuk memilih pengaturan Proxy.

4. Aktifkan Proxy dan masukkan alamatnya.

5. Klik untuk menyimpan, tanda centang hijau akan muncul setelah koneksi diatur.

Baca Juga: Download Aplikasi Celenganku yang Viral di TikTok, Begini Cara Menggunakannya

Sementara cara setting proxy WhatsApp di iPhone sebagai berikut:

1. Perbarui ke versi terbaru WhatsApp dan luncurkan.

2. Buka Pengaturan WhatsApp lalu ketuk Penyimpanan dan Data.

3. Di layar berikutnya, ketuk Proxy.

4. Sekarang aktifkan sakelar untuk Gunakan Proksi.

5. Sekarang masukkan alamat proxy yang ingin Anda gunakan lalu ketuk tombol ‘Simpan’.

Ketika koneksi ke proxy berhasil, Anda akan melihat tanda centang hijau yang menunjukkan koneksi berhasil.

Jika Anda tidak dapat menggunakan WhatsApp untuk mengirim atau menerima pesan melalui proxy, berarti proxy tersebut telah diblokir. Anda dapat mencoba menggunakan proxy yang berbeda untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga: Wi-Fi Tidak Terhubung ke HP Setelah Update Android 13, Begini Cara Mengatasinya

Cara memperbaiki WhatsApp down

  • Periksa apakah WhatsApp sedang down. Jika mereka mengalami masalah pada akhirnya, tidak ada yang dapat Anda lakukan selain menunggu masalah tersebut diperbaiki.
  • Tutup aplikasi, lalu buka kembali. Ini adalah solusi termudah yang akan berhasil dalam beberapa kasus jika itu hanya masalah sementara.
  • Aktifkan Wi-Fi atau aktifkan data seluler. Anda memerlukan koneksi internet yang valid untuk menggunakan WhatsApp dengan benar.
  • Matikan seluruh perangkat Anda lalu hidupkan kembali. Proses memulai ulang perangkat Anda.
  • Siapkan WhatsApp Web lagi untuk membangun kembali koneksi itu jika masalah tampaknya hanya muncul saat Anda menggunakan aplikasi melalui browser desktop Anda.
  • Kosongkan cache. Jika ada terlalu banyak file sementara atau data yang rusak dalam cache, hal itu dapat mengganggu fungsionalitas aplikasi yang semestinya, seperti menyebabkannya mogok saat dibuka.
  • Perbarui WhatsApp ke versi terbaru. Jika bug aplikasi menyebabkan masalah yang meluas, tidak diragukan lagi akan diperbaiki dengan cepat.
  • Periksa izin aplikasi. Anda perlu memberikan izin WhatsApp untuk mengakses hal-hal seperti kontak, foto, mikrofon, dan lain-lain. Jika tidak, hal-hal tersebut tidak akan berfungsi.

Baca Juga: Fitur Balasan Anda di Instagram Tidak Muncul, Coba Atasi Pakai 9 Cara Berikut

  • Lihat apakah Anda telah diblokir di WhatsApp.
  • Suarakan kontak jika WhatsApp tidak mengeluarkan suara.
  • Pecahkan masalah file media WhatsApp yang hilang jika gambar dan video tidak muncul. Hal ini dapat terjadi jika setelan visibilitas media tertentu dinonaktifkan atau jika file media tidak diatur untuk diunduh secara otomatis.
  • Matikan pesan WhatsApp yang menghilang jika Anda menemukan bahwa obrolan menghilang setelah sekitar satu hari. Ini bukan kesalahan aplikasi, melainkan pengaturan privasi yang sah yang mungkin Anda ingin matikan.
  • Instal ulang aplikasi. Menghapus semua WhatsApp dari ponsel atau komputer Anda akan memungkinkan Anda memulai dengan instalasi baru. Ini akan memperbaiki masalah jika kesalahan terletak di suatu tempat di instalasi aplikasi.
  • Buat akun baru. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan sebagian besar langkah di atas, mungkin karena akun Anda telah dihapus. WhatsApp mungkin melakukannya jika Anda tidak aktif setidaknya selama 120 hari.

Nah, itulah cara setting proxy WhatsApp yang bisa Anda lakukan di Android maupun iPhone agar bisa mengirim chat tanpa internet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News