Bugar

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara sederhana menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda terapkan. Cara menjaga kesehatan jantung penting diketahui, sebab penyakit jantung tidak hanya terjadi karena usia yang mulai menua. 

Mengutip Heart, mencegah penyakit jantung dan semua penyakit kardiovaskular, berarti membuat pilihan cerdas yang akan memberikan hasil seumur hidup. 

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai cara jaga kesehatan jantung, Anda bisa terapkan cara sehat menjadi kebiasan sehari-hari. Dilansir dari Health Focus, inilah beberapa cara sederhana menjaga kesehatan jantung: 

1. Penuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air 

Cara sederhana menjaga kesehatan jantung adalah penuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air. Dehidrasi akan memengaruhi kerja jantung.

Jika tubuh Anda kekurangan cairan, jumlah darah akan berkurang dan alirannya pun melambat. Oleh karena itu, Anda perlu banyak minum air putih.

Disamping air putih, Anda juga bisa meminum jus buah atau sayuran segar untuk menunjang kerja jantung. 

Baca Juga: Manfaat Jahe Bisa Meredakan GERD, Ini 5 Bahan Alami Mengobati Asam Lambung

2. Tidur cukup dan berkualitas

Cara sederhana menjaga kesehatan jantung adalah tidur cukup dan berkualitas. 

Kurang tidur tidak hanya membuat Anda menguap sepanjang hari, tapi juga membahayakan kesehatan. 

Orang yang kurang tidur memiliki risiko obesitas lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, dan depresi. 

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 sampai 9 jam waktu tidur setiap malam. Ini menjadi cara menjaga kesehatan jantung lain yang tak kalah penting. 

3. Jaga berat badan ideal

Cara sederhana menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah menjaga berat badan ideal. 

Obesitas merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular yang dapat dimodifikasi. Makanya, Anda harus menjaga berat badan agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil. 

Caranya dengan mengatur pola dan porsi makan setiap hari. Konsumsilah makanan bernutrisi yang rendah kalori dan kurangi makanan tinggi garam. 

Kombinasikan juga dengan aktivitas fisik setiap harinya agar lemak tubuh tidak menumpuk.  

4. Rutin olahraga dan tetap aktif

Olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta menjaga berat badan tetap sehat. 

Kalau Anda malas gerak, risiko obesitas, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular makin tinggi. Makanya, berolahragalah secara rutin, setidaknya 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu. 

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Ini 10 Manfaat Daun Krokot untuk Kesehatan

5. Kelola dan atasi stres

Cara sederhana menjaga kesehatan jantung yang terakhir adalah kelola dan mengatasi stres dengan tepat. Stres adalah hal yang wajar terjadi dan bisa dialami oleh semua orang.

Tapi, kalau stres sudah berlebihan dan terjadi dalam waktu yang lama, dapat memengaruhi kerja jantung. Saat Anda sedang berada di bawah tekanan, tubuh akan menghasilkan hormon adrenalin. Hormon tersebut membuat jantung bekerja lebih keras. 

Hasilnya, dalam jangka panjang tekanan darah bisa meningkat dan berpotensi menyebabkan berbagai masalah pada jantung. Kesehatan dan fungsi jantung harus dijaga sedini mungkin untuk menghindari risiko gangguan jantung di kemudian hari. 

Itulah beberapa cara sederhana menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda coba dan lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News