HOME, Santai

Cara Mudah Scan QR Code dari Aplikasi Peduli Lindungi

Cara Mudah Scan QR Code dari Aplikasi Peduli Lindungi

MOMSMONEY.ID - Aplikasi Peduli Lindungi merupakan aplikasi yang wajib dimiliki di masa pandemi yang belum berakhir ini.

Peduli Lindungi digunakan untuk melacak lokasi keberadaan seseorang di suatu tempat. Sehingga pelacakan kegiatan dan lokasi seseorang lebih mudah diketahui.

Hampir semua fasilitas umum seperti mall, bioskop, hotel dan rumah makan besar mewajibkan pengunjungnya untuk menggunakan aplikasi ini sebelum memasuki tempat tersebut.

Cara yang digunakan adalah dengan memindai barcode yang berisikan titik lokasi tempat tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Download Sertifikat Vaksin dari Aplikasi Peduli Lindungi

Untuk memindai barcode tersebut melalui aplikasi Peduli Lindungi pun cukup mudah. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memiliki dan mengunduh aplikasi Peduli Lindungi pada ponsel.

Lalu jika sudah melakukan proses registrasi, maka pada halaman awal aplikasi akan muncul beberapa pilihan menu.

Pilih pilihan menu paling atas yang bertuliskan “Masuk ke ruang publik?”. Setelah itu tekan pada bagian Scan QR Code.

Maka aplikasi akan langsung mengakses kamera untuk memindai kode QR. Dekatkan ponsel pada QR Code yang tersedia di tempat tersebut untuk melakukan check in.

Baca Juga: Tak Hanya Zoom, Ini Dia Beberapa Pilihan Aplikasi Video Call untuk Ragam Meeting

Tunggu hingga proses memindai selesai. Selanjutnya akan ada penjelasan mengenai lokasi dan tanggal saat proses pemindaian berlangsung.

Yang terakhir jangan lupa untuk memencet tombol check in sebelum memasuki lokasi tersebut. Maka proses check in melalui aplikasi Peduli Lindungi sudah selesai untuk dilakukan.

Jika sudah selesai melakukan kegiatan dan ingin check out dari tempat tersebut, cara untuk check out pun juga cukup mudah.

Cukup menekan tombol check out pada aplikasi Peduli Lindungi dari lokasi tersebut untuk keluar atau meninggalkan tempat fasilitas umum tersebut.

Tak perlu khawatir jika lupa untuk melakukan proses check out pada aplikasi Peduli Lindungi. Aplikasi akan otomatis melakukan proses check out setelah proses check in berlangsung lebih dari 4 hingga 5 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News