HOME, Keluarga

Cara Mudah Mengajarkan Cuci Tangan kepada Anak

Cara Mudah Mengajarkan Cuci Tangan kepada Anak

MOMSMONEY.ID - Semenjak pandemi, kita tidak boleh lagi abai terhadap kebersihan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan adalah dengan rajin mencuci tangan.

Bukan hanya orang dewasa, mencuci tangan juga harus dibiasakan kepada anak-anak supaya mereka tidak rentan terhadap serangan penyakit.

Tidak sulit, mengajarkan anak untuk mencuci tangan dapat dilakukan sedini mungkin. Dilansir dari Stanford Children's Health, berikut beberapa cara yang bisa moms terapkan untuk membiasakan anak rajin cuci tangan mulai dari sekarang.

Baca Juga: Moms, Simak Cara Mengajarkan Anak untuk Menggunakan Toilet Sendiri

1. Jelaskan kepada anak betapa pentingnya mencuci tangan

Sebelum memulai untuk mengajarkan cara mencuci tangan kepada anak, tentu saja moms harus menjelaskan terlebih dahulu tentang betapa pentingnya mencuci tangan.

Jelaskan kepada anak-anak bahwa mencuci tangan dapat membantu mencegah mereka maupun orang lain dari serangan penyakit. Tentu, tidak ada orang yang suka sakit atau ingin membuat orang lain sakit.

Oleh sebab itu, tegaskanlah kepada mereka bahwa mencuci tangan sesering mungkin sangat mampu mencegah mereka dari jatuh sakit.

2. Kapan harus mencuci tangan?

Setelah menjelaskan manfaat cuci tangan, lanjutkan dengan memberitahu anak tentang waktu di mana mereka harus mencuci tangan sebagai berikut:

Mencuci tangan sebelum:

  • Makan
  • Menyentuh mulut, mata, atau hidung mereka
  • Menyentuh luka atau goresan pada tubuh

Mencuci tangan setelah:

  • Dari kamar mandi atau toilet
  • Bermain dengan hewan peliharaan atau hewan lainnya
  • Menyentuh makanan atau camilan hewan peliharaan
  • Bermain di area bermain
  • Berada di dekat orang yang sedang sakit
  • Menyentuh popok yang kotor
  • Menyentuh sampah

3. Praktikkan 4 langkah mencuci tangan

Usai penjelasan demi penjelasan disampaikan kepada anak, moms bisa melanjutkan mengajarkan cara mencuci tangan dengan mencontohkan 4 langkah mudah di bawah ini:

  • Basahi dan sabuni. Pertama-tama, Moms bisa membahasi kedua tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Setelah basah, letakkan sabun di telapak tangan dan buatlah sabun hingga berbusa.
  • Menggosok. Selanjutnya, gosok-gosok tangan Moms yang sudah bersabun secara bersamaan dengan durasi agak lama. Supaya anak tidak bosan, Moms bisa melakukan langkah ini sembari menyanyikan lagu anak-anak favorit si kecil. Bersihkanlah bagian telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian bawah kuku Moms, karena kuku merupakan bagian tubuh yang dapat menjebak kotoran dan kuman.
  • Bilas. Setelah seluruh bagian tangan tergosok sempurna, lanjutkan dengan membilasnya. Posisikan kedua tangan di bawah air bersih yang mengalir. Lalu, bilas seluruh bagian tangan dengan air hingga residu sabun dan sensasi licin menghilang.
  • Kibas dan keringkan. Terakhir, kibas-kibaskan tangan Moms beberapa kali hingga air yang yang masih menempel pada tangan terhempas. Supaya kering maksimal, keringkan tangan yang masih basah dengan menggunakan handuk bersih atau hand dryer. Dan, selesai!

4. Bagaimana jika anak masih terlalu kecil?

Apabila anak Moms masih terlalu kecil dan kesusahan untuk mencapai wastafel, moms bisa memegangi mereka untuk membantu mereka menjangkau wastafel.

Jika anak Moms terlalu berat untuk diangkat, Moms bisa menggunakan tisu kering yang dibasahi dan diberi sabun untuk membantu membersihkan tangan mereka. Untuk mengeringkannya, moms bisa menggunakan tisu yang masih kering.

5. Perlukan menggunakan hand sanitizer?

Hand sanitizer tidak berfungsi dengan baik ketika tangan amat kotor atau berminyak. Pada dasarnya, sabun dan air adalah cara terbaik untuk menghilangkan kotoran, lemak, dan kuman sepenuhnya. Namun, hand sanitizer bisa menjadi alternatif yang baik ketika sabun dan air susah didapatkan.

Jadi, moms juga disarankan untuk mengajarkan anak cara menggunakan hand sanitizer sebagai berikut:

  • Gunakan hand sanitizer berbasis alkohol dengan kadar setidaknya 60%.
  • Tuangkan hand sanitizer sebanyak seperempat gumpalan ke telapak tangan.
  • Gosok-gosokkan tangan bagian depan dan belakang serta tidak lupa sela-sela jari hingga hand sanitizier menyerap dan mengering.

Nah, Moms. Agar upaya mengajarkan cuci tangan kepada anak sukses, pastikan moms konsisten memberikan contoh kepada anak untuk rutin mencuci tangan.

Tetap sabar karena anak perlu waktu untuk terbiasa mencuci tangan. Selain itu, jangan lupa untuk mengingatkan sesering mungkin kepada anak bahwa mencuci tangan harus tetap dilakukan meski tangan tidak terlihat kotor.

Selanjutnya: 7 Cara Merawat Kulit Bayi Supaya Tetap Sehat dan Terhindar dari Iritasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News