Keluarga

Cara Merawat Tanaman Hias di Ruangan Tanpa Cahaya, Simak Tipsnya

Cara Merawat Tanaman Hias di Ruangan Tanpa Cahaya, Simak Tipsnya

MOMSMONEY.ID - Tanaman hias selalu membutuhkan cahaya untuk proses pertumbuhannya. Namun, ada juga beberapa tanaman hias yang tetap tumbuh tanpa cahaya. 

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara merawat tanaman hias di ruangan tanpa cahaya.  Anda tetap bisa merawat tanaman hias di ruangan tanpa cahaya. 

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini cara merawat tanaman hias di ruangan tanpa cahaya. 

Baca Juga: Tanaman Hias Rendah Cahaya, Cocok Dirawat di Dalam Ruangan

1. Tukar Lokasi Tanaman

Mengubah lokasi tanaman ke arah sumber cahaya secara teratur adalah trik utama untuk menanam tanaman hias di ruangan tanpa cahaya.

Misalnya, jika Anda memiliki tanaman dalam ruangan di lokasi yang terang dan beberapa di ruangan tanpa jendela, Anda dapat menukar lokasinya setiap 15-30 hari sekali. Amati, jika Anda mengidentifikasi tanda-tanda pertumbuhan yang lambat, gantilah dengan tanaman lain.

Rotasi adalah kuncinya di sini, karena ini akan memungkinkan mereka mendapatkan cukup cahaya dan akan tetap baik-baik saja di ruangan gelap!

2. Gunakan Lampu Neon

Temukan lampu tanam di atas tanaman atau pasang lampu neon berspektrum penuh untuk mendapatkan pencahayaan dan kehangatan yang sempurna untuk tanaman Anda. Idealnya, yang memiliki perlengkapan yang dapat dipindahkan akan menjadi pilihan terbaik.

Pastikan untuk menjaga tanaman pada jarak yang aman dari sumber cahaya seperti yang direkomendasikan oleh produsen untuk menghindari dedaunan terbakar atau tekanan panas.

3. Variasi Tepat

Koleksi tanaman hias di rumah

Baca Juga: Cara Hasilkan Uang dari Youtube Shorts, Simak Aturan dan Tipsnya

Tanaman ular, bambu keberuntungan, dan palem ekor kuda adalah beberapa tanaman terbaik yang tumbuh di ruangan gelap. 

Mereka tidak akan keberatan dengan kegelapan selama beberapa hari. 

4. Pilih Tanaman yang Tumbuh Lambat

Karena tanaman yang tumbuh lambat tidak akan memperbanyak daun dan pucuk secara aktif, tanaman tersebut membutuhkan lebih sedikit cahaya dibandingkan tanaman lain untuk hidup. 

Yang terbaik untuk dipilih adalah tanaman giok, ZZ, lidah buaya, dan tanaman ular.

Namun, hindari menyimpannya di ruangan yang gelap gulita selama berhari-hari. 

5. Jaga Kebersihan

Debu dan kotoran yang menumpuk pada dedaunan dapat menyumbat pori-pori tanaman sehingga menghambat transpirasi dan fotosintesis. 

Jika tanaman Anda berada di ruangan gelap, disarankan untuk menjaga kebersihannya, sehingga tanaman dapat menyerap cahaya terbatas apa pun yang dimilikinya dengan baik.

Baca Juga: Tanaman Hias Ruang Tamu Terbaik untuk Hadirkan Suasana Adem di Dalam Rumah

Bersihkan tanaman setiap minggu, atau bersihkan dengan 1/4 sendok teh sabun cair yang dicampur dengan satu liter air setiap 7-10 hari untuk membantu tanaman tumbuh subur dalam cahaya terbatas.

6. Perbaiki Cermin Ajaib

Pasang cermin besar bersudut berlawanan dengan sumber cahaya agar tanaman Anda mendistribusikan cahaya dan kehangatan secara merata. Hal ini juga akan menambah daya tarik estetika pada tempat tersebut.

Jika ruangan tidak cukup besar untuk menampung cermin besar, pasang cermin kecil di dekat sumber cahaya untuk memantulkannya kembali ke tanaman.

7. Nyalakan Lampu

Tidak hanya lampu tumbuh, rata-rata lampu dalam ruangan juga dapat memenuhi kebutuhan cahaya tanaman. Sebaiknya letakkan tanaman di dekat bohlam atau lampu posisi.

Agar lebih efektif, biarkan umbi tetap menyala dalam jangka waktu yang lebih lama agar tanaman dapat menikmati cahaya buatan, yang dapat bermanfaat bagi pertumbuhannya.

Jika Anda akan keluar selama beberapa jam, nyalakan lampu dan lampu.

Baca Juga: 5 Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Tanpa Perlu Dibongkar, Simak Tipsnya

8. Menanam Tanaman di Air

Trik lain agar tanaman tahan lama di ruangan dengan pencahayaan minim adalah dengan menanamnya di air. Syngonium dan bambu keberuntungan adalah pilihan terbaik. Pastikan Anda mengganti air setiap 4-6 hari sekali.

Merawat tanaman hias di ruangan tanpa cahaya perlu sedikit perhatian dan perawatan tambahan. Jadi begitulah, cara merawat tanaman hias di ruangan tanpa cahaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News