HOME, Keluarga

Cara Merawat Tanaman Cabai Agar Berbuah Lebat

Cara Merawat Tanaman Cabai Agar Berbuah Lebat

MOMSMONEY.ID - Memiliki rasa yang pedas, cabai menjadi primadona dalam setiap menu masakan. Selain itu, menanam cabai juga mudah dibudidayakan di Indonesia. Cabai ini juga memiliki gizi yang baik loh, untuk kesehatan manusia.

Dilansir dari Ketahananpangan.semarangkota.go.id, cabai mengandung banyak nutrisi, seperti kalium, natium, serat, protein, kalsium, zat besi, vitamin A, B6, B12, C, dan D. Tak heran banyak ibu-ibu masa kini yang memilih menanam cabai sendiri demi stok cabai yang selalu terpenuhi. Oleh karena itu, tanaman cabai harus dirawat dengan baik. Nah, berikut beberapa cara merawat cabai agar berbuah lebat.

Baca Juga: Cara Budidaya Daun Bawang Dalam Pot di Rumah

Pilih Benih Cabai Berkualitas

Sebelum Anda menanam cabai dan melakukan perawatan, hal pertama yang dilakukan adalah memilih benih cabai dengan kualitas terbaik. Benih cabai yang baik adalah yang sudah tua, berwarna merah menyala, masih segar, tidak keriput, dan tangkainya berwarna hijau segar.  

Anda juga dapat membeli benih yang siap tumbuh di toko tanaman dengan memperhatikan kondisi kesehatan tanaman. Jika masih berbentuk biji-bijian, Anda dapat mengetesnya dengan air dan lihat keesokan harinya. Jika biji cabai tenggelam, maka ini biji terbaik yang bisa ditanam.

Penyiraman dan Pemupukkan Secara Berkala

Setelah biji selesai disemai, Anda perlu melakukan perawatan rutin seperti menyiram dan memberi pupuk. Sebelumnya, gunakan media tanam berupa campuran pupuk, sekam, dan tanah humus dengan perbandingan 2:1:3 agar cabai cepat berbuah. Lalu, sirami tanaman cabai pagi dan sore secukupnya. Saat pagi hari, Anda dapat menyiram dengan air bekas cucian beras, sedangkan sore dapat menggunakan air biasa. Pastikan Anda juga menggunakan pot tanaman dengan lubang drainase yang baik.

Pupuk yang digunakan sebisa mungkin gunakan pupuk organik, seperti pupuk kandang atau pupuk kompos. Pupuk organik lebih baik digunakan untuk skala pertanian rumah tangga karena lebih aman untuk lingkungan. Berikan pupuk kepada tanaman dengan jarak waktu dua minggu sekali.  Letakkan pupuk ke atas permukaan yang dekat dengan akar tanaman.

Baca Juga: Rahasia di Balik Keindahan Tanaman Hias Lidah Mertua

Pemangkasan

Pemangkasan tanaman cabai sangat diperlukan agar tanaman terhindar dari hama serta menjadikan tanaman lebih bersih. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan gunting tanaman. Gunting pucuk tanaman agar struktur tanaman lebih terjaga. Namun, jangan potong daun muda atau buah yang masih kecil. Lakukan pemangkasan ini selama satu bulan sekali.

Saat tanaman cabai tumbuh semakin besar, ada baiknya Anda memasang penopang dari bambu atau kayu kecil agar pohonnya dapat berdiri kokoh dan tidak patah bila tertiup angin.

Pemberian Vitamin Khusus Tanaman Cabai

Tanaman cabai membutuhkan sumber vitamin yang cukup yang sebenarnya dapat diperoleh dari unsur hara di dalam tanah. Unsur hara berfungsi untuk memudahkan proses metabolism sel, pembentukan enzim, dan hormon. Selain itu, dbutuhkan vitamin B1 sampai dengan vitamin B12 untuk membantu pembentukan akar, batang, dan daun. Vitamin B kompleks ini dapat diperoleh dari air cucian beras.

Namun, untuk mendapatkan vitamin yang lebih baik lagi, Anda dapat menggunakan vitamin khusus tanaman cabai yang dijual di toko tanaman. Dengan memberikan nutrisi yang baik, tanaman cabai akan lebih mudah dan cepat berbuah.

Selanjutnya: Penyebab Penyakit Bercak Hitam pada Tanaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News