Keluarga

Cara Merawat Monstera Karstenianum, Tanaman Langka yang Mudah Tumbuh di Ruangan

Cara Merawat Monstera Karstenianum, Tanaman Langka yang Mudah Tumbuh di Ruangan

MOMSMONEY.ID - Monstera Karstenianum atau dikenal dengan monstera Peru semakin populer di kalangan pecinta tanaman hias. 

Cara merawat monstera karstenianum sangatlah mudah. Para pecinta tanaman hias menyukai monstera karstenianum karena memiliki daun yang unik. 

Cara merawat monstera karstenianum akan lebih mudah dilakukan di dalam ruangan. 

Tidak seperti varietas monstera lainnya, seperti monstera dubia dan monstera adansonii, monstera karstenianum tidak mengembangkan daun berfenestrasi.

Tapi, daunnya yang tebal ditandai dengan tekstur seperti bubungan yang dalam (mirip dengan beberapa peperomias) dan warna hijau tua.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Natal Indoor yang Cocok Dirawat untuk Dekorasi Rumah

Tanaman monstera kecil ini jarang tumbuh lebih tinggi dari 6 hingga 8 kaki di dalam ruangan dengan daun-daun yang mencapai panjang sekitar 9 sentimeter.

Lalu, bagaimana cara merawat monstera karstenianum? 

Mengutip The Spruce, berikut cara merawat monstera karstenianum. 

Cahaya 

Monstera karstenianum tidak membutuhkan banyak cahaya untuk tumbuh subur di dalam ruangan.

Jendela yang menghadap ke utara yang menerima cahaya terang dan tidak langsung selama beberapa jam sangat cocok untuk tumbuhan bawah tropis ini.

Hindari lokasi yang terkena sinar matahari langsung karena daun monstera Peru yang tebal mudah terbakar dan terbakar sinar matahari.

Tanah 

Sebagai tumbuhan epifit, monstera peru bekerja paling baik di tanah yang subur, lapang, dan berdrainase baik.

Campuran satu bagian sabut kelapa, satu bagian kulit kayu anggrek, dan satu bagian perlit memberikan drainase, retensi kelembapan, dan kandungan nutrisi yang sempurna untuk monstera ini.

Baca Juga: Tanaman Sukulen yang Bisa Dimakan, Ini Manfaat dan Perawatannya

Air 

Daun monstera karstenianum yang tebal membuat spesies monstera ini lebih toleran terhadap kekeringan daripada banyak sepupunya, dan harus dibiarkan mengering sepenuhnya di antara penyiraman.

Monstera ini tidak boleh dibiarkan duduk di tanah basah untuk waktu yang lama karena rentan terhadap busuk akar.

Suhu dan Kelembaban

Idealnya, pertahankan suhu antara 60 hingga 85 derajat Fahrenheit (16 hingga 30 derajat Celcius) dan pilih lokasi yang lembap secara alami—seperti kamar mandi, dapur, atau ruang cuci.

Cara lainnya, Anda dapat meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman dengan meletakkan nampan kerikil di bawah pot atau meletakkan pelembab udara di dekatnya.

Baca Juga: 2 Cara Memperbanyak Tanaman Monstera Pinnatipartita dan Langkah Perawatannya

Pupuk 

Berikan pupuk setiap 3 hingga 4 minggu sekali selama penyiraman. Hindari pemupukan monstera Peru Anda selama musim dingin saat tanaman memasuki masa dormansi.

Cara memperbanyak monstera karstenianum 

Monstera karstenianum dapat dengan mudah diperbanyak dengan stek batang. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Identifikasi bagian batang yang akan Anda potong. Setiap pemotongan harus memiliki 3 hingga 4 simpul di sepanjang batang untuk peluang keberhasilan terbaik.

2. Gunakan gunting tajam atau gunting pangkas, potong tepat di bawah simpul.

3. Buang 1-2 daun bagian bawah dari potongan batang untuk membuka simpul di sepanjang batang, sisakan 1-2 daun di bagian atas potongan.

Baca Juga: Cara Menanam Aglonema Flamingo, Ikuti Tips Berikut untuk Merawatnya

4. Isi gelas atau vas kecil dengan air dan tempatkan potongan di dalam air, pastikan simpul yang terbuka di sepanjang batang terendam air sementara daun bagian atas tetap berada di atas air.

5. Tempatkan potongan di lokasi yang menerima cahaya tidak langsung sedang hingga terang, dan ganti air seminggu sekali untuk membantu mencegah pembusukan.

6. Setelah beberapa minggu Anda akan mulai melihat akar putih kecil tumbuh dari simpul di bawah air.

7. Setelah akar mencapai panjang setidaknya satu inci, Anda dapat memindahkan stek kembali ke tanah dengan menanam stek dalam campuran tanah yang sudah dibasahi dan dikeringkan dengan baik.

Begitulah cara merawat monstera karstenianum atau monstera peru. Anda juga bisa mengikuti langkah untuk memperbanyak monstera karstenianum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News