HOME, Keluarga

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

MOMSMONEY.ID - Moms, daging kurban kemarin masih tersisa dan belum sempat diolah? Jika jawabannya ‘Iya’, maka Moms wajib menyimak yang satu ini!

Daging yang tidak disimpan dengan benar akan menimbulkan infeksi & kontaminasi dari bakteri serta virus. Parahnya, hal itu akan menyebabkan keluarga anda keracunan makanan.

Lantas, bagaimana cara yang tepat menyimpan daging agar awet? Kita simak berikut ini!

Baca Juga: Bagian pada Daging Sapi yang Paling Enak Dikonsumsi

Simpan di kulkas

Jika ingin menyimpan daging dalam kulkas, jaga kulkas pada suhu kurang dari 5°. Lebih dari itu, bakteri akan mudah berkembang biak pada daging yang disimpan.

Dilansir dari NHS UK, Moms juga wajib membersihkan kulkas secara berkala. Pastikan bahwa kulkas tetap dingin dan higienis.

“Kertas daging sangat bagus untuk kulkas, untuk menyimpan daging selama beberapa hari. Jika anda ingin membekukan daging dengan balutan kertas daging, bungkuslah dengan rapat dan masukkan ke dalam kantong Ziplock.” Kata Thomason dalam Real Simple.

Penggunaan ziplock ini diperuntukkan meminimalisir kontak dengan paparan udara dan kelembaban.

Bungkus plastik seperti ziplock adalah pilihan tepat untuk menyegel kembali daging segar. Namun, Thomason menyarankan untuk tidak membekukan daging secara berulang karena akan menyebabkan perubahan kualitas dan rasa pada daging.

Selain itu, agar kulkas tetap higienis, gantilah bungkus/kresek daging dari tempat anda menerima daging kurban dengan bungkusan lain.

Baca Juga: 5 Ide Mengolah Daging Kurban Menjadi Berbagai Masakan Lezat

Pastikan daging dalam keadaan baik

Setelah disimpan dalam kulkas dan ingin dimasak, pastikan untuk selalu

mengecek daging terlebih dahulu. Dikutip dari Cookist, pastikan daging tidak terlalu banyak mengeluarkan cairan, berbau busuk, atau muncul garis berwarna kehijauan atau keabuan.

Setelah dikeluarkan dari kulkas, diamkan daging selama 30 menit, lalu menggorengnya.

Yang tidak boleh dilakukan pada daging:

Jangan pernah memasukkan daging mentah pada daging yang sedang dimasak dalam wajan. Meski sama-sama daging, namun bakteri dari makanan mentah akan mencemari makanan yang sudah dimasak.

Pastikan juga untuk selalu memisahkan daging sapi ataupun kambing di dalam kulkas untuk mencegah kontaminasi satu sama lain.

Selanjutnya: Apa yang Harus Dilakukan Jika Daging Kurban Terkontaminasi Covid-19?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News