Bugar

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda. Simak di Sini!

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda. Simak di Sini!

MOMSMONEY.ID - Tekanan darah tinggi (hipertensi) biasanya dirasakan orangtua. Namun, saat ini anak muda juga rentan mengalami tekanan darah tinggi akibat gaya hidup kurang sehat.

Orang yang memiliki tekanan darah normal yang perlu Anda ketahui adalah sekitar 120/80 mmHg atau sedikit lebih rendah.

Jika tekanan darah seseorang berada di atas angka ini, bisa dipastikan orang tersebut dikatakan mengalami peningkatan tekanan darah.

Apabila tekanan darah meningkat hingga lebih dari 130/80 mmHg, maka kondisi ini disebut dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang perlu segera Anda atasi dengan tepat.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Inilah Sederet Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Anda Ketahui

Menurut penjelasan dari laman American Heart Association dan Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa cara menurunkan tekanan darah di usia muda, antara lain: 

Membatasi konsumsi garam

Cara menurunkan tekanan darah di usia muda yang pertama dengan membatasi konsumsi garam. Jika jumlah sodium berlebihan, tekanan darah pun akan lebih meningkat.

Sodium (natrium) banyak terkandung dalam garam, baik itu garam pada masakan, camilan, makanan kaleng, maupun minuman ringan.

Mengurangi berat badan

Cara menurunkan tekanan darah di usia muda yang kedua adalah megurangi berat badan. Kelebihan berat bisa membuat jantung bekerja lebih keras.

Oleh karena itu, memangkas berat tubuh adalah salah satu cara efektif untuk mengendalikan dan menurunkan tekanan darah.

Menjalani pola makan sehat

Cara menurunkan tekanan darah di usia muda yang ketiga adalah menjalani pola hidup sehat. 

Mengonsumsi makanan sehat, seperti biji-bijian, buah, sayuran, dan produk olahan susu rendah lemak dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda alami.

Baca Juga: Rasakan 5 Manfaat Rutin Olahraga Ini Jika Dilakukan Secara Rutin 

Rutin berolahraga

Cara menurunkan tekanan darah di usia muda yang selanjutnya adalah rutin melakukan olahraga. Lakukan olahraga teratur, setidaknya 30 menit selama 3 kali seminggu.

Selain menyehatkan, olahraga teratur juga bisa membantu mengendalikan berat badan sehingga kamu terhindar dari risiko obesitas.

Berhenti merokok dan konsumsi alkohol

Cara menurunkan tekanan darah di usia muda yang terakhir adalah berhenti merokok dan konsumsi alkohol. Hal ini adalah penyebab tekanan darah tinggi yang sering terjadi.

Orang yang sering merokok dikatakan lebih berisiko untuk mengalami komplikasi tekanan darah tinggi, seperti penyakit jantung dan stroke.

Dengan mengetahui beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi di usia muda ini, Anda bisa mulai menghindari hal-hal yang menyebabkan tekanan darah tinggi. 

Dengan menjalani pola hidup sehat, Anda bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan menghindari komplikasinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News