HOME, Bugar

Cara Menjaga Kulit Berminyak Tetap Lembab, Emang Bisa?

Cara Menjaga Kulit Berminyak Tetap Lembab, Emang Bisa?

MOMSMONEY.ID -  Pada kulit berminyak, kelenjar sebaceous memproduksi minyak secara berlebih sehingga kulit terlihat mengilap dan cenderung berjerawat. Bagi anda pemilik kulit berminyak, ternyata kulit berminyak tetap bisa menjadi lembab loh, moms.

Banyak yang salah mengartikan bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab untuk wajah sama sekali. Namun, itu salah! Semua jenis kulit membutuhkan pelembab yang kandungannya sesuai dengan jenis kulitnya. 

Melansir dari www.loreal-paris.co.id, jika kulit berminyak dibiarkan dehidrasi malah akan menjadikannya semakin berminyak. Hal ini karena kelenjar sebaceous akan mendeteksi jika kulit kurang kelembaban, maka otomatis memproduksi minyak lebih banyak. Oleh karena itu, menggunakan pelembab untuk kulit berminyak malah akan membantu mengontrol produksi minyak di wajah agar tidak berlebihan.

Selain itu, jika kulit anda tidak terjaga kelembabannya, maka lama-lama fungsi skin barrier akan rusak. Dehidrasi berkepanjangan menyebabkan kulit wajah Anda berisiko lebih besar mengalami peradangan, infeksi, dan penuaan dini.

Baca Juga: Inilah Manfaat Kakadu Untuk Kecantikan Kulit

Pelembab yang disarankan untuk jenis kulit berminyak yaitu yang mengandung bahan-bahan humektan seperti glycerin atau glycerol, hyaluronic acid, asam amino, sorbitol, urea, dan alpha hydroxy acid, yang semuanya cocok untuk kulit berminyak.

Bahan humektan dapat menjaga  kelembapan kulit dengan menarik air dari lingkungan sekitarnya, termasuk udara dan tubuh, untuk memastikan kadar air di epidermis tercukupi. Cara terbaik untuk menjaga kulit berminyak tetap lembab, yaitu:

1. Membersihkan Wajah

Anda harus membersihkan wajah secara rutin pada pagi dan malam hari agar kulit wajah dalam kondisi bersih. Pilihlah produk pembersih wajah yang dapat melembapkan kulit berminyak. 

2. Gunakan Serum

Gunakan serum agar dapat menutrisi kulit wajah dengan bahan berkonsentrat tinggi sehingga kulit dapat terhidrasi. Pilih hydrating serum dengan kandungan bahan aktif yang menghidrasi dan cocok untuk kulit berminyak seperti hyaluronic acid untuk menjadikan kulit kenyal dan terhindar dari penuaan dini.

3. Gunakan Pelembab

Seperti yang telah dijelaskan bahwa pelembab dapat mengontrol produksi minyak di wajah agar tidak berlebihan. Dengan demikian, kulit wajah anda menjadi lembab, kenyal dan segar sepanjang hari.

4. Gunakan Masker Wajah

Gunakan sheet mask tiga kali seminggu dengan kandungan serum yang menghidrasi dan melembabkan kulit wajah dengan seketika. 

Selanjutnya: Pahami 8 Kandungan dan Manfaat Bahan Aktif di dalam Produk Skincare

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News