HOME, Keluarga

Cara Mengusir Lalat yang Mengganggu di Rumah, Tidak Sulit!

Cara Mengusir Lalat yang Mengganggu di Rumah, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya mengusir nyamuk, mengusir lalat juga sudah menjadi sesuatu yang merepotkan sebagian besar penghuni rumah.

Sejak kecil, Anda tentu sering mendengar bahwa lalat termasuk serangga yang kotor karena sering hinggap di tempat yang kotor pula. Kehadiran lalat di rumah pun seringkali memberi kesan bahwa rumah Anda jorok dan kotor.

Lalat juga dapat membawa serangkaian penyakit yang merugikan manusia seperti difteri. Oleh karena itu, mengusir lalat di rumah penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Mengusir Nyamuk di Rumah

Dilansir dari The Spruce, Healthline, dan Country Living, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengusir lalat yang mengganggu di rumah.

Bersihkan sisa makanan dan kotoran di rumah

Seperti yang sudah tertera di atas, lalat sering hinggap di tempat kotor. Memang, lalat cenderung lebih suka bertelur di atas permukaan benda kotor, seperti sampah atau kotoran hewan.

Maka dari itu, sebagai langkah pertama untuk mengusir lalat dari rumah, periksa dulu bagian-bagian tertentu di rumah Anda yang cenderung kotor, seperti tempat sampah, bak cuci piring, sampai bak pasir untuk menampung kotoran hewan peliharaan.

Pastikan Anda selalu mencuci piring, mengosongkan tempat sampah, dan mengambil kotoran hewan peliharaan secara berkala supaya tidak mengundang lalat untuk hinggap dan bertelur di rumah.

Gunakan perangkap lalat

Cara selanjutnya, Anda dapat menggunakan perangkap lalat. Walaupun perangkap lalat sebenarnya tidak dapat mengusir lalat, namun keberadaannya efektif untuk mengurangi jumlah lalat yang beterbangan di rumah.

Saat ini, ada beberapa jenis perangkat lalat yang tersedia di pasaran, seperti perangkap lem dan elektrik. Selain menggunakan kedua jenis perangkap, Anda bisa membuat sendiri perangkap lalat menggunakan benda-benda dan bahan yang ada di rumah.

Baca Juga: Bersihkan Bekas Stiker di Kaca Dengan 3 Cara Mudah Ini

Tanam tanaman yang tidak disukai lalat

Jika Anda ingin mencoba menggunakan cara alami untuk mengusir lalat, pertimbangkan untuk menanam beberapa tanaman tertentu.

Ada beberapa tanaman yang baunya tidak disukai lalat, seperti lavender, mint, sereh, dan basil. Jika Anda hobi berkebun, cobalah untuk menanam beberapa tanaman tersebut untuk membantu mengusir nyamuk dari luar rumah.

Menurut The Spruce, walaupun tidak ada penelitian secara menyeluruh yang dapat membuktikan klaim tersebut, tidak ada salahnya mencoba untuk menempatkan tanaman-tanaman tersebut di rumah. Anda dapat menanamnya di pot supaya mudah dipindahkan, atau tanam di halaman rumah.

Tutup akses masuk lalat ke dalam rumah

Sebagai langkah terakhir, ada baiknya Anda memeriksa apakah ada celah-celah atau tempat tertentu yang biasanya dijadikan akses masuk oleh lalat.

Tutup pintu atau jendela rumah apabila tidak dibutuhkan dan tutup tempat sampah untuk menghalangi akses masuk lalat. Anda juga dapat menutup celah-celah tersembunyi di rumah untuk memastikan akses masuk lalat (dan hama rumah lainnya) tertutup dengan sempurna.

Nah, itulah cara mengusir lalat di rumah yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Bagaimana, tidak sulit kan? Selamat mencoba, ya!

Selanjutnya: Cara Menghilangkan Kutu Kasur agar Tidur Lebih Nyaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News