Cara Mengunci Pesan Whatsapp Agar Tidak Dibaca Orang Lain, Gunakan Fitur Baru Berikut

Kamis, 18 Mei 2023 | 04:55 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Mengunci Pesan Whatsapp Agar Tidak Dibaca Orang Lain, Gunakan Fitur Baru Berikut


WHATSAPP - Jakarta. Simak cara mengunci pesan rahasia Whatsapp agar tidak dibaca orang lain. Cara mengunci pesan Whatsapp agar tidak dibaca orang lain dapat dilakukan dengan fitur baru.

Fitur baru untuk mengunci pesan Whatsapp agar tidak dibaca orang lain adalah Chat Lock akhirnya resmi dirilis untuk semua pengguna. Meta, perusahaan induk WhatsApp mengumumkan fitur Chat Lock dirilis di seluruh dunia hari Selasa (16/5/2023).

Fitur untuk mengunci pesan Whatsapp agar tidak dibaca orang lain ini awalnya hanya tersedia untuk pengguna WA versi beta. "Hari ini kami mengumumkan Chat Lock di WhatsApp yang memungkinkan Anda melindungi percakapan paling intim di balik satu lapisan keamanan lagi," kata Meta, dikutip KompasTekno dari situs resmi perusahaan, Selasa (16/5/2023).

Sebagaimana namanya, fitur kunci pesan WhatsApp berguna untuk mengamankan obrolan WA dari akses yang tidak diinginkan. Lantas bagaimana cara pakai fitur untuk mengunci pesan Whatsapp agar tidak dibaca orang lain?

Baca Juga: Simak Tahapan dan Cara Memakai Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

Berikut cara untuk mengunci pesan Whatsapp agar tidak dibaca orang lain

  • Klik chat/grup yang ingin dikunci Klik profil kontak/grup
  • Dari situ, Anda akan menemukan beragam opsi, pilih opsi Chat Lock
  • Atur kunci pesan WA dengan sidik jari dengan mengklik tombol "Kunci chat dengan sidik jari".

Data sidik jari Anda diambil dari data yang sudah direkam ponsel. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pemindaian sidik jari lagi, kecuali Anda belum mendaftarkan sidik jari ke pengaturan ponsel.

Bila Anda tidak memasang gembok apapun di ponsel, Anda akan diminta mengaturnya terlebih dahulu melalui menu Pengaturan (Setting) ponsel, sehingga chat di WA bisa dikunci.

Dengan mengikuti cara di atas, chat/grup yang Anda pilih akan disamarkan dari bar notifikasi maupun daftar obrolan, sehingga tidak mudah dibaca atau diintip oleh orang sembarangan. Adapun chat dari kontak atau grup yang dikunci bisa diakses pada tab khusus "Locked chat" (Chat yang dikunci), terletak di atas menu "Archived" (Diarsipkan).

Menurut keterangan Meta, pengguna bisa memakai sistem keamanan yang terpasang di ponsel, semisal kunci sidik jari atau kata sandi. Namun, pantauan KompasTekno di aplikasi WhatsApp versi beta 2.23.10.19 (Android), baru tersedia opsi kunci pesan WA memakai sidik jari.

Meski sistem keamanan ponsel diatur dengan kata sandi, opsi kunci pesan WA hanya tersedia dengan sidik jari. Tampaknya opsi pengamanan lainnya baru akan tersedia secara bertahap, seiring bergulirnya fitur Chat Lock ke semua pengguna.

Ke depannya Meta berkata akan menambahkan lebih banyak opsi kunci pesan WhatsApp, termasuk agar fitur yang sama bisa diterapkan pada perangkat lain dengan akun yang sama serta penggunaan kata sandi custom agar berbeda dengan kata sandi yang dipakai di ponsel.

Itulah cara mengunci pesan Whatsapp agar tidak dibaca orang lain. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Kunci Pesan WhatsApp agar Chat Rahasia Tetap Aman",


Penulis : Lely Maulida
Editor : Yudha Pratomo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru