AturUang

Cara Mengoptimalkan WFH untuk Mencari Penghasilan Tambahan

Cara Mengoptimalkan WFH untuk Mencari Penghasilan Tambahan

MOMSMONEY.ID - Moms, bagaimana solusinya, bila pengeluaran sudah ditekan, tetapi tetap merasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan lantaran tidak ada kenaikan gaji? 

Nah, Mike Rini, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE), menyarankan Moms untuk mencari pendapatan tambahan.

Jika Moms adalah seorang pekerja dan selama ini bekerja dari rumah alias work from home, ada baiknya  membuka usaha kecil-kecilan yang sesuai kemampuan.

Pemasarannya bisa dilakukan lewat Internet atau tawarkan kepada kenalan. 

"Bisa berjualan dan menawarkan ke rekan-rekan terdekat dulu, tapi jangan yang sedang ngetren karena kompetisinya lebih ketat," kata Mike, kepada Tabloid KONTAN.

Moms juga bisa mencari kerja sampingan alias freelance jika memang punya waktu luang lebih. Yang terpenting. Moms bisa tetap mendapatkan penghasilan aktif jika sewaktu-waktu harus kehilangan pekerjaan karena pandemi ini belum berakhir.

Baca Juga: Apa Itu Reksadana? Cari Tahu Yuk, Moms

Perencana keuangan Oneshildt Financial Planning, Agustina Fitria, seperti dikutip Tabloid KONTAN menyebutkan, selain berjualan, sebenarnya Anda bisa mencoba menjadi trader saham.

Tentu sebelumnya, Moms harus belajar trading saham. Setelahnya, bisa dipraktikkan sekarang untuk mendulang cuan demi menambah penghasilan. Hanya, memang tidak mudah. Teorinya gampang, tapi perlu dengan praktiknya.

"Bahkan jatuh bangun untuk bisa untung dari saham. Bisa saja 10 kali main saham, tujuh harus rugi," ujar Agustina, mengingatkan.

Saran dari Agustina, kalau memang belum lihai bermain saham, Moms jangan memakai semua dana investasi untuk ini.

Belajarlah pelan-pelan, sampai Moms tahu saatnya take profit dan cut loss. Kalau sudah percaya diri, baru terjun langsung dengan dana yang besar.

Akan tetapi, jika memang belum bisa bermain saham, ada baiknya memanfaatkan aset aktif untuk menambah penghasilan. Jika Moms punya instrumen obligasi, biasanya ada kupon yang diterima tiap bulan atau tiap tahun. Nah, ini bisa menjadi sumber pendapatan. 

Selanjutnya: Pilihan Investasi Halal, Saham Syariah hingga Reksadana Syariah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News