Keluarga

Cara Menghapus Lem yang Menempel Sangat Kuat, Gunakan 3 Benda Ini

Cara Menghapus Lem yang Menempel Sangat Kuat, Gunakan 3 Benda Ini

MOMSMONEY.ID -  Pernahkah tangan Anda terkena lem yang sangat kuat dan sulit dihilangkan? Jika Anda mengalami situasi ini, tak perlu bingung. Ada 3 benda di rumah yang bisa menghilangkan sisa lem yang menempel di tangan Anda. 

Sebenarnya banyak benda yang bisa membantu Anda menghilangkan sisa lem yang menempel di tangan. Misalkan aseton dan alkohol. Namun kandungan kimia di keduanya cukup tinggi dan bisa merusak kulit, furnitur, karpet dan kan. Aseton bahkan bisa merusak warna dan alkohol bisa membuat kulit kering. 

Melansir House Digest, 3 benda yang bisa menghilangkan sisa lem yang menempel dengan sangat kuat yaitu cuka, minyak dan lemon. 

Baca Juga: Simak 4 Cara Mendapatkan Kulit Glowing dengan Bahan Alami

Cuka
Salah satu benda yang cukup populer untuk membersihkan alat-alat rumah tangga yang kotor adalah cuka. Nah, cuka juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menghilangkan lem yang sangat kuat menempel. 
Selain memiliki bahan kimia yang alami, cuka juga memiliki pH yang aman yaitu 2-4. Adapun cuka merupakan hasil fermentasi dari ethanol yang menghasilkan asam asetat, sehingga masuk akal jika cuka bisa digunakan untuk menghapus lem.
Cuka cocok untuk menghapus lem yang menempel pada besi, plastik dan kaca. Anda bisa menaruh cuka pada kapas, dan gosokan kapas pada area yang terkena lem. 

Minyak
Salah satu cara untuk menghapus lem yang menempel sangat kuat adalah menggunakan minyak. Sebab minyak memiliki kandungan lemak yang bisa melepaskan ikatan cyanoacrylate pada lem. 
Jadi gunakan minyak untuk makanan untuk melepaskan lem yang menempel. Anda bisa menggunakan mayonnaise, minyak zaitun, minyak sayur bahkan selai kacang. Anda juga bisa menggunakan lotion, petroleum jelly atau mineral oil.
Karena minyak ini aman untuk makanan, maka menggunakan minyak cocok untuk menghilangkan bekas lem yang menempel di kulit. Gosok minyak pada kulit kemudian bilas menggunakan air hangat dan sabun.

Lemon
Benda yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas lem yang menempel kuat adalah lemon. Kandungan asam sitrat pada lemon inilah yang bisa menghilangkan bekas lem yang masih menempel.
Buah yang satu ini cocok untuk menghilangkan bekas lem yang menempel pada baju, karpet dan kulit Anda. Gosokan air lemon menggunakan sikat gigi lembut ke area yang terkena lem hingga lem menghilang. Anda bisa menambahkan garam kasar dalam hal ini. 

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Nutrisi untuk Kulit Wajah yang Harus Dipenuhi

Demikian cara menghapus sisa lem yang menempel sangat kuat menggunakan 3 benda yang ada di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News