ads

Cara Mengatur Kamar Tidur yang Aman untuk Lansia, Yuk Catat!

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 19 Juni 2022 | 14:20 WIB
Cara Mengatur Kamar Tidur yang Aman untuk Lansia, Yuk Catat!


MOMSMONEY.ID - Berbeda dengan orang-orang yang jauh lebih muda, orang lanjut usia atau lansia kerap mengalami kesulitan dalam hal tertentu seperti mengakses rumah karena fungsi tubuhnya yang sudah menurun.

Tak jarang, kesulitan ini membuat para lansia sering mengalami berbagai kecelakaan di rumah, termasuk di dalam kamar tidurnya sendiri. Oleh karena itu, kamar tidur para lansia tentu perlu didesain supaya mereka merasa lebih aman dan nyaman.

Nah, apa saja yang perlu dilakukan supaya kamar tidur lebih aman dan nyaman untuk lansia? Mengutip penjelasan dari laman Accessabilities Canada dan Vive Health, berikut tipsnya.

Baca Juga: Mengapa Warna Netral Cocok untuk Rumah Minimalis? Ini Alasannya

Pastikan pergerakannya lega

Kunci untuk menciptakan kamar tidur yang aman untuk lansia adalah dengan membuat kamar tersebut terasa lega dan mudah diakses.

Kamar tidur lansia tidak harus selalu besar dan luas, tapi pastikan ada selalu cukup ruang bagi mereka untuk berdiri, berjalan, mematikan lampu, bangun dari tempat tidur, bahkan menutup jendela. Jika para lansia dapat bergerak dengan leluasa di kamar, risiko cedera karena jatuh atau tergelincir bisa diminimalisir.

Atur ketinggian tempat tidur

Bagi para lansia, kegiatan sesederhana bangun dan duduk di tempat tidur kadang terasa sulit dilakukan karena keterbatasan fisik, terutama jika tempat tidur tersebut memiliki ketinggian yang terlalu rendah atau tinggi.

Untuk memudahkan para lansia bangun dan duduk di tempat tidur, pastikan Anda mengatur tempat tidur dengan ketinggian yang tepat. Ketinggian yang ideal untuk tempat tidur adalah sekitar 50-60 cm dari permukaan kasur hingga lantai.

Pasang pegangan khusus

Selain mengatur tinggi tempat tidur, Anda juga bisa memasang pegangan khusus di sekitar tempat tidur supaya para lansia bisa bangun dan duduk dengan lebih mudah.

Pastikan pegangan tersebut mudah dipasang dan kokoh saat dipegang dan digenggam. Tempatkan pegangan khusus tersebut di dekat tempat tidur, di sisi yang biasa ditempati si lansia supaya mudah dijangkau.

Baca Juga: Ini 6 Trik Supaya Kamar Mandi Tidak Mudah Licin

Pastikan tidak ada gangguan di lantai

Lantai yang penuh dengan barang-barang berserakan dapat menimbulkan cedera jika si lansia jatuh saat tidak sengaja tergelincir, terlilit, atau tersandung benda tersebut.

Oleh karena itu, pastikan lantai di kamar tidur lansia terbebas dari segala gangguan atau barang-barang kecil yang bisa membahayakan mereka, misalnya untaian kabel hingga tumpukan baju. Khusus untuk keset atau karpet, pilih yang memiliki alas non-slip atau anti-selip sehingga tidak licin di lantai.

Atur pencahayaan yang cukup

Terakhir, pastikan kamar tidur lansia memiliki pencahayaan yang cukup supaya mereka bisa melihat dan bergerak di dalam kamar dengan nyaman. Sebab, para lansia tersebut rentan mengalami kecelakaan karena sulit melihat dengan jelas.

Namun, bukan berarti Anda harus memaksimalkan pencahayaan di kamar tidur lansia sehingga terlalu terang. Sebaiknya, gunakan sumber cahaya yang secukupnya dan pastikan cahayanya nyaman di mata lansia yang menempati kamar tersebut.

Itulah beberapa tips untuk mendesain kamar tidur yang aman untuk lansia. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER