Santai

Cara Mengatasi Split Screen Tidak Berfungsi di Android, Coba 9 Tips Ini

Cara Mengatasi Split Screen Tidak Berfungsi di Android, Coba 9 Tips Ini

MOMSMONEY.ID - Fitur split screen tidak berfungsi di Android biasanya karena beberapa alasan. Ada cara mengatasi split screen tidak berfungsi di Android. 

Mengutip Guilding Tech, ada beberapa penyebab split screen tidak berfungsi, salah satunya karena kurangnya ruang penyimpanan yang tersedia. 

Artikel ini memberikan informasi mengenai cara mengatasi split screen tidak berfungsi di Android. 

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Mari Jaga Lingkungan Sekitar

Berikut ini 9 cara mengatasi split screen tidak berfungsi di Android. 

1. Aktifkan layar terpisah di Pengaturan

Pastikan Anda tidak menonaktifkan opsi untuk menggunakan layar terpisah di perangkat Android Anda. Kecuali Anda mengaktifkan fitur ini di ponsel Android, Anda tidak dapat menggunakannya.

Meskipun diaktifkan secara default di sebagian besar perangkat dan tidak ada opsi untuk mematikannya, beberapa perangkat mungkin memiliki sakelar manual. 

Oleh karena itu, pastikan Anda mengaktifkan toggle untuk hal yang sama.

2. Tutup Aplikasi Latar Belakang 

Layar terbagi adalah fitur yang membutuhkan memori/RAM bebas dalam jumlah besar.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, pastikan Anda menghapusnya sehingga ada cukup memori untuk menjalankan banyak aplikasi menggunakan fitur layar terbagi.

3. Periksa Penggunaan Penyimpanan

Jika Anda memiliki lebih sedikit penyimpanan yang tersisa di perangkat Android Anda, ini dapat menyebabkan kemacetan.

Oleh karena itu, aplikasi tidak akan dapat menyimpan cache dan data serta waktu peluncuran aplikasi dapat menjadi lambat.

Karenanya, fitur layar terbagi mungkin menghadapi masalah saat memuat dan menjalankan aplikasi. Pastikan Anda memeriksa penggunaan penyimpanan Anda. Inilah cara melakukannya.

Baca Juga: Panduan Cara Melihat Nomor HP Sendiri di Android, iPhone, hingga Kartu SIM

4. Nonaktifkan Penghemat Baterai

Setelah mengaktifkan penghemat baterai, perangkat Android Anda akan memprioritaskan masa pakai baterai daripada performa.

Oleh karena itu, fitur yang menghabiskan banyak sumber daya. Matikan penghemat baterai dan periksa apakah Anda dapat menggunakan layar terpisah di perangkat Android Anda.

5. Nyalakan Animasi

Baru-baru ini, kami membaca postingan komunitas di Google yang menyebutkan efek mematikan animasi pada fitur layar terbagi

Dikatakan bahwa layar terbagi tidak akan berfungsi jika animasi dimatikan. Karena itu, pastikan Anda mengaktifkan animasi di perangkat Android Anda. Inilah cara melakukannya.\

6. Periksa Apakah Aplikasi Kompatibel dengan Split Screen

Tidak semua aplikasi dirancang untuk digunakan pada layar terpisah atau multi-jendela. Beberapa aplikasi hanya dapat berfungsi saat digunakan satu per satu di seluruh layar. Oleh karena itu, pastikan aplikasi mendukung fitur layar terpisah.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuka pengalih aplikasi dan mengetuk opsi tiga titik di sebelah aplikasi. Anda akan menemukan opsi untuk membukanya di jendela terpisah. Jika tidak, aplikasi tidak kompatibel dengan layar terbagi.

7. Mulai Ulang Perangkat Anda

Jika fitur layar terbagi dipengaruhi oleh bug, memulai ulang perangkat Android Anda dapat membantu. Mematikan ponsel Anda akan menutup semua elemen yang sedang berjalan. 

Hampir semua perangkat Android menampilkan menu daya hidup/mati saat Anda menekan lama tombol daya. Anda dapat menggunakan opsi Reboot untuk me-restart perangkat Anda.

Baca Juga: Panduan Cara Melacak Lokasi Seseorang yang Login Gmail

8. Perbarui Perangkat 

Jika beberapa pengguna menemukan bahwa layar terbagi tidak berfungsi pada perangkat mereka, produsen perangkat akan mencatat semua keluhan tersebut. 

Pembaruan perangkat lunak yang memperbaiki masalah ini akan segera diluncurkan. Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa pembaruan yang tersedia di perangkat Anda.

9. Atur Ulang Perangkat

Sebagai upaya terakhir, Anda dapat mencoba mengatur ulang perangkat Android Anda. Ini mengatur ulang semua konfigurasi ke status defaultnya.

Ini dapat memperbaiki kesalahan konfigurasi yang mencegah Anda menggunakan fitur layar terpisah di Android.

Nah itulah beberapa cara mengatasi split screen tidak berfungsi di Android. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News