Cara Mengatasi Mual Saat Hamil, Cek Daftar Makanan Pereda Mual Saat Hamil

Reporter: Ana Risma
Selasa, 22 November 2022 | 19:45 WIB
Cara Mengatasi Mual Saat Hamil, Cek Daftar Makanan Pereda Mual Saat Hamil

ILUSTRASI. Cara Mengatasi Mual Saat Hamil, Cek Daftar Makanan Pereda Mual Saat Hamil.


MOMSMONEY.ID - Simak daftar makanan pereda mual saat hamil di bawah ini.

Mual dan muntah saat hamil khususnya pada trimester awal kehamilan merupakan kondisi yang normal terjadi.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya peningkatan kadar hormon, kehamilan kembar, dan kadar gula darah yang rendah.

Kendati normal terjadi pada ibu hamil, umumnya kondisi mual dan muntah cenderung terasa tidak nyaman serta bisa memengaruhi selera makan.

Nah, salah satu cara mengatasi mual saat hamil yang tergolong sederhana adalah mengonsumsi makanan yang telah terbukti mampu meredakan mual.

Sebagai rekomendasi, inilah daftar makanan pereda mual saat hamil yang dirangkum dari laman laman Anmum, Prenagen, dan Rumah Sakit An-Nisa:

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat

1. Makanan tinggi protein

Makanan pereda mual saat hamil yang pertama adalah makanan tinggi protein. Selain mengurangi mual, makanan tinggi protein juga dapat memperbaiki motilitas lambung, menurut studi tahun 1999.

Penelitian lain menyebutkan, wanita hamil yang mengonsumsi makanan tinggi protein pada trimester pertama mengalami lebih sedikit mual dan muntah dibandingkan wanita hamil yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

2. Jahe

Wedang Jahe

Makanan pereda mual saat hamil yang kedua adalah jahe. Menurut American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG), jahe mampu mengurangi mual serta muntah saat hamil dengan melancarkan gerakan usus dan mempercepat lambung kosong.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Moms bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk teh atau wedang. Apabila Anda tidak terlalu suka rasa jahe, Anda dapat mengolah jahe menjadi kue atau mencampurkannya ke dalam tumis sayuran.

3. Lemon

Makanan pereda mual saat hamil yang ketiga adalah lemon. Lemon dapat meredakan gejala mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan, menurut American Pregnancy Association.

Dengan mengonsumsi air perasan lemon, itu akan membantu mengurangi aliran empedu berlebih sekaligus sisa endapan yang menumpuk di saluran pencernaan.

Plus, aroma lemon yang khas bisa menjadi penyegar alami untuk meredakan mual dan muntah.

4. Pisang

Pisang

Makanan pereda mual saat hamil yang keempat adalah pisang. Tak hanya bisa meredakan mual, pisang juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh saat hamil.

Sebab, pisang mengandung nutrisi yang melimpah salah satunya potassium.

5. Makanan tinggi vitamin B6

Makanan pereda mual saat hamil yang kelima adalah makanan tinggi vitamin B6. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang mengalami mual dan muntah parah memiliki kadar vitamin B6 yang rendah dalam darahnya.

Itulah sebabnya, para ibu hamil sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B6 guna mengurangi gejala mual dan muntah.

Contoh makanan tinggi vitamin B6 antara lain gandum utuh, ayam, ikan, sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta susu yang difortifikasi vitamin B6.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-Pilih Makanan, Orang Tua Wajib Tahu

6. Semangka

Semangka

Makanan pereda mual saat hamil yang keenam adalah semangka. Berkat kandungan airnya yang tinggi, semangka efektif untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil.

Semangka mengandung vitamin A, C, dan B6 yang bermanfaat untuk membantu meredakan mual muntah saat hamil. Juga, membantu menjaga daya tahan tubuh bayi yang ada di dalam kandungan.

7. Kacang-kacangan

Makanan pereda mual saat hamil yang ketujuh adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang pistachio kaya akan vitamin B6 yang terbukti efektif untuk meredakan mual saat hamil.

Kacang pistachio juga mengandung asam lemak omega-3 untuk membantu perkembangan otak bayi, antioksidan untuk menjaga tubuh ibu hamil tetap kuat, serta protein yang bermanfaat untuk perkembangan jaringan janin.

Selain kacang pistachio, Moms bisa memilih kacang almond karena kacang almond memiliki kandungan yang tidak kalah baiknya untuk Anda maupun janin.

8. Daun mint

Daun mint

Makanan pereda mual saat hamil yang kedelapan adalah daun mint. Kandungan menthol dalam daun mint dapat mempercepat sirkulasi darah serta meringankan kembung, mual, dan kram.

Daun mint juga menawarkan efek anestesi ringan, karminatif, dan antispasmodik yang bekerja di usus halus untuk mengatasi mual dan muntah.

9. Biskuit cracker

Makanan pereda mual saat hamil yang kesembilan adalah biskuit cracker. Biskuit cracker mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menetralisir lambung. Sehingga, gejala mual dan muntah saat hamil bisa berkurang.

Selain itu, biskuit cracker juga mengandung karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi sekaligus mengisi perut ibu hamil yang kosong. Disarankan untuk memilih produk biskuit cracker dengan rasa original dan aroma yang tidak menyengat.

10. Sup

Sup Ayam Makaroni

Makanan pereda mual saat hamil yang terakhir adalah sup. Sup cenderung mudah dikonsumsi oleh ibu hamil karena pada dasarnya makanan berkuah lebih mudah ditoleransi saat mual menyerang.

Salah satu contoh sup yang bisa Moms konsumsi untuk meredakan mual saat hamil adalah sup ayam. Dalam semangkuk sup ayam, ada sekitar 16% garam, 8% niacin, dan 7% potassium untuk mengganti elektrolit yang hilang setelah muntah.

Itulah daftar makanan pereda mual saat hamil yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Semoga membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER