Cara yang Efektif untuk Mengatasi Kutu pada Hewan Peliharaan

Sumber: Petmd
Rabu, 25 Agustus 2021 | 12:56 WIB
Cara yang Efektif untuk Mengatasi Kutu pada Hewan Peliharaan

ILUSTRASI. Cara Mengatasi kutu pada hewan peliharaan.  

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, permasalah utama yang tak pernah luput dari hewan seperti anjing dan kucing adalah kutu. Meskipun ini adalah umum yang sering terjadi, tetapi berimplikasi besar pada kesehatan anjing dan kucing Anda.

Kutu merupakan hama yang paling mengganggu nama ilmiahnya adalah Ctenocephalides felis. Mereka membutuhkan inang untuk bertahan hidup. Hewan serangga kecil berwarna cokelat tua ini menyukai suhu 65-80 derajat dengan tingkat kelembapan 75-85 persen. Bagi negara tertentu seperti Amerika Serikat bagian Selatan, musim panas adalah musim kutu bagi hewan peliharaan mereka.

Dilansir dari Petmd.com, gigitan kutu dapat menyebabkan gatal pada inangnya, tetapi untuk hewan yang sensitive atau alergi kutu, rasa gatal ini bisa sangat parah. Ini dapat menyebabkan goresan dan pengunyahan parah yang menyebabkan rambut rontok, peradangan, hingga infeksi kulit sekunder.

Baca Juga: Kucing Peliharaan Tidak Mengeong? Ini Beberapa Penyebabnya

Lalu, bagaimana cara mengatasi kutu pada hewan peliharaan? Tenang, kutu adalah parasit yang dapat dibasmi dengan mudah.

Obat Kutu

Saat ini, ada banyak macam produk obat kutu di pasaran yang dijual bebas. Akan tetapi, tak ada salahnya Anda meminta saran resep obat kutu kepada dokter hewan Anda. Perawatan dengan resep akan membunuh kutu lebih cepat dan tepat.

Bravecto (fluralaner) adalah pembunuh kutu paling cepat dalam waktu dua jam dan berlangsung selama 3 bulan. Meski harganya cukup mahal, ini sangat ampuh untuk hewan peliharaan Anda terbebas dari kutu. Selain itu, produk yang mengandung spinosad juga cukup ampuh membutuh kutu dewasa hingga telur kutu dalam waktu 30 menit dan bertahan selama satu bulan.

Umumnya, produk obat kutu tidak menyerang kutu dewasa, tetapi mencegah penetasan telur kutu, sehingga memutus siklus hidup kutu. Tanpa reproduksi, populasi kutu akan menghilang dengan sendirinya. Untuk hewan yang alergi terhadap air liur kutu, pilihlah produk yang menargetkan kutu dewasa seperti Seresto collar dan Vectra.

Sementara untuk produk obat kutu lain, dapat menggunakan sampo kutu, bubuk anti kutu, semprotan kutu, kalung anti kutu, dan lain-lain. Untuk sampo hewan, sudah banyak yang berfungsi untuk anti kutu dan anti jamur.

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru