Bugar

Cara Mengatasi Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Cara Mengatasi Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

MOMSMONEY.ID - Batuk yang tak kunjung sembuh, hingga lebih dari sebulan, tentu bisa mengganggu aktivitas keseharian.

Tidak hanya itu, batuk lebih dari sebulan juga akan memengaruhi kondisi tubuh. Pada beberapa kasus, kondisi ini juga bisa menjadi tanda penyakit berbahaya. 

Maka dari itu, batuk lebih dari sebulan sebaiknya tidak disepelekan begitu saja. Penting untuk mengetahui apa penyebab dari kondisi ini. 

Selain dengan mengonsumsi obat sesuai dengan penyebab batuk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala ini.

Dilansir dari Medical News Today, inilah beberapa cara mengatasi batuk tak kunjung sembuh yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

Baca Juga: Kenali Sederet Penyebab Batuk Berdarah yang Perlu Anda ketahui

1. Banyak mengonsumsi cairan, paling disarankan untuk mengonsumsi air putih atau teh hangat. Cairan hangat yang masuk ke dalam tubuh bisa membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di tenggorokan serta meredakan gejala batuk. 

2. Hindari konsumsi makanan tertentu yang bisa menambah rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Bagi pengidap penyakit asam lambung, hindari makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung, seperti makanan pedas dan berminyak. 

3. Jangan merokok dan hindari mengisap asap rokok. Hal ini bisa menyebabkan asap mengendap di paru-paru dan memicu penyakit. 

4. Menjaga kelembapan udara agar pernapasan lebih lancar. Mandi air hangat juga bisa membantu meredakan gejala batuk. 

5. Terapi neti pot, yaitu terapi irigasi hidung dengan larutan garam. Cara ini dilakukan untuk mengeluarkan lendir dan membersihkan hidung. 

Baca Juga: Kenali 5 Gejala TBC yang Perlu Diwaspadai, Mulai dari Batuk Hingga Sering Lelah

Segeralah periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami batuk yang tak kunjung sembuh. 

Apalagi jika batuk kronis ini disertai dengan batuk berdarah, sesak napas, atau penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi batuk tak kunjung sembuh yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News