HOME, Bugar

Cara Menerapkan Pola Makan Sehat pada Anak Agar Menjadi Kebiasaan

Cara Menerapkan Pola Makan Sehat pada Anak Agar Menjadi Kebiasaan

MOMSMONEY.ID - Cara mendidik anak untuk makan sehat menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Pasalnya, dibutuhkan kesabaran dan penerapan yang tepat untuk bisa membentuk kebiasaan pola makan sehat pada anak. 

Salah satu kunci agar kebutuhan nutrisi anak terpenuhi adalah dengan mengenalkannya dengan berbagai jenis makanan. Bila anak terlalu memilih-milih makanan (picky eater), ia akan berisiko mengalami kekurangan nutrisi, dilansir dari Mayo Clinic.

Dilansir dari Health Focus, pemberian makanan sehat bagi anak membantu mendukung perkembangan kognitif serta perkembangan fisik anak. Namun, keragaman sumber makanannya juga tidak boleh luput dari perhatian.

Dengan melakukan gaya hidup sehat anak sejak dini, tentu kesehatan anak pun akan lebih terjaga saat dia menginjak usia dewasa.

Dirangkum dari Health Focus, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membiasakan anak menerapkan pola makan sehat.

Baca Juga: Sayur Kale, 5 Manfaat dan Kandungan Nutrisi Si Superfood yang Luar Biasa

1. Jadikan diri sebagai panutan

Anak adalah peniru ulung. Jika ingin anak makan sehat, Anda harus memberikan contoh langsung. Misalnya, dengan mengonsumsi buah dan sayur ketika sedang makan bersama keluarga.

Dengan demikian, anak akan melihat bahwa orang tuanya pun menerapkan pola makan sehat sehari-hari.

2. Terapkan aturan makan pada anak

Ada kalanya orang tua harus melakukan berbagai cara untuk membujuk anak makan, misalnya menyuapi anak sambil bermain, menonton tv, atau melakukan kegiatan lain.

Akibatnya, anak menjadi tidak fokus dan berisiko makan berlebih. Agar anak memiliki kebiasaan makan yang baik, Anda perlu membiasakan anak makan di meja makan. Batasi waktu makan tidak lebih dari 30 menit. 

3. Jangan memarahi atau melarang anak

Memarahi anak atau langsung melarangnya mengonsumsi makanan berlemak tinggi dan tidak sehat, seperti gorengan, keripik, atau permen, hanya akan membuatnya lebih penasaran dan tergiur dengan makanan tersebut.

Alih-alih melarangnya, Anda seharusnya membatasi secara perlahan dan fokus pada usaha untuk membuat anak menyukai makanan sehat.

Beberapa contoh makanan sehat yang dapat Anda berikan adalah sayur dan buah, daging ayam dan bebek tanpa kulit, ikan, produk olahan susu rendah lemak, daging tanpa lemak, atau roti dari biji-bijian utuh.

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah 5 Manfaat Buah Pepaya yang Perlu Anda Ketahui

4. Ajak anak menyiapkan makanan

Agar anak lebih tertarik dengan makanan sehat, ajak anak terlibat dalam menyiapkan makanan. Anda dapat merancang kegiatan menyenangkan, mulai dari menanam sayuran, berbelanja bahan makanan sehat, memasak, hingga memasak bersama.

5. Sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi anak

Melihat anak lahap makan memang menyenangkan. Namun, pastikan asupan makanan yang dikonsumsi tidak melebihi kebutuhan kalori hariannya untuk mencegah kelebihan berat badan.

Umumnya, anak-anak dan remaja membutuhkan 1600–2200 kalori per hari, tergantung jenis kelamin, usia, dan jenis kegiatannya. Nah, membiasakan anak untuk mengonsumsi sayur dan buah dapat mencegahnya terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori.

Selain itu, biasakan untuk memilih bahan makanan dengan teliti dan membaca label nutrisi pada kemasan makanan.

Jika Anda kesulitan dalam cara mendidik anak makan sehat atau anak mengalami masalah berat badan, ada baiknya bila Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Selanjutnya: Ingin Punya Anak Perempuan? Coba Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini Selama Kehamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News