HOME, Keluarga

Cara Menentukan Shade Foundation yang Sesuai untuk Kulit

Cara Menentukan Shade Foundation yang Sesuai untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Foundation menjadi salah satu produk makeup yang ampuh untuk menutupi imperfection wajah secara instan. Mulai dari bekas jerawat, noda hitam, dan mata panda bisa ditutupi dengan foundation.

Sebagai produk makeup yang penting, foundation memiliki banyak shade agar bisa digunakan oleh orang-orang dengan berbagai warna kulit. Dari banyaknya shade yang dimiliki, tidak sedikit pula orang yang kebingungan untuk menentukan shade apa yang cocok untuk mereka.

Pasalnya, shade foundation yang tidak sesuai dapat membuat tampilan kulit menjadi abu-abu atau keorenan. Tidak mau kan, Moms?

Baca Juga: Promo Produk Maybelline Paling Favorit di Guardian, Diskon Hingga 50% Moms!

Untuk itu, MomsMoney akan membagikan bagaimana cara tepat menentukan shade foundation yang dilansir dari Loreal Paris.

Mengetahui Skin Tone dan Undertone

Cara pertama yang penting untuk dilakukan sebelum membeli foundation adalah dengan mengetahui skin tone dan undertone. Skin tone adalah warna kulit di permukaan, sedangkan undertone adalah warna kulit di bawah permukaan.

Tidak boleh salah, foundation hendaknya disesuaikan dengan skin tone dan undertone agar tidak berujung abu-abu dan oren. Untuk menentukan skin tone, Moms bisa melihatnya secara langsung warna kulit Moms pada saat ini apakah light, medium, atau dark.

Lalu, bagaimana caranya untuk menentukan undertone?

Untuk mengetahui undertone, Moms bisa melihat warna pembuluh darah yang ada di pergelangan tangan. Jika pembuluh darah berwarna biru atau ungu maka Moms memiliki cool undertone. Kalau berwarna kehijauan maka warm undertone dan jika perpaduan dari warna tadi berarti neutral undertone.

Cek Warna Foundation di Bagian Dada

Setelah mengetahui skin tone dan undertone, Moms bisa memastikan shade foundation yang Moms miliki tepat atau tidak dengan membaurkannya sedikit di area tengah dada. Kenapa dada? Karena bagian dada mencerminkan warna kulit asli Moms.

Dibandingkan dicek langsung ke wajah atau leher, mengeceknya di bagian tengah dada jauh lebih baik dan akurat. Pasalnya, wajah dan leher tidak jarang memiliki perbedaan yang kontras satu sama lain sedangkan dada cenderung konsisten.

Baca Juga: Promo Cushion Lokal Diskon Hingga 50% di Guardian, Hanya Sampai 21 Juli Moms!

Cek di Bawah Pencahayaan yang Berbeda

Kulit mungkin akan mengalami perubahan warna ketika musim berganti. Di musim dingin, kulit bisa saja lebih terang. Sedangkan di musim panas, kulit rentan menggelap akibat paparan matahari yang terlalu sering terlebih jika Moms berjemur.

Oleh sebab itu, diperlukan pengecekan kesesuaian warna kulit dengan shade foundation agar tetap terlihat maksimal. Moms bisa menggunakan foundation yang dimiliki dan menilai tampilan foundation dengan bantuan berbagai cahaya yang berbeda. Moms bisa memanfaatkan cahaya lampu atau cahaya alami dari matahari.

Dengan melakukan pengecekan ini maka Moms bisa menentukan apakah shade foundation yang dimiliki masih layak untuk digunakan pada saat musim tertentu atau tidak.

Menggunakan Alat Pengecekan Foundation Virtual

Terdapat berbagai aplikasi yang bisa Moms gunakan untuk mencari mana shade foundation yang cocok untuk kulit Moms.

Hanya dengan mengisi form atau mengirim foto selfie, Moms bisa secara mudah mengetahui shade foundation yang sesuai dengan kebutuhan Moms.

Moms dapat menelusurinya melalui mesin pencarian untuk menggunakan fasilitas ini secara gratis. Cukup ketikkan kata kunci Foundation Shade Finder dan pilih website mana yang ingin Moms kunjungi untuk menikmati fasilitas pengecekan shade foundation ini.

Selain cara-cara di atas, Moms bisa menanyakan secara langsung ke outlet-outlet makeup jika Moms masih kebingungan untuk menentukan shade foundation yang tepat. Semoga membantu ya, Moms!

Selanjutnya: 5 Makanan Penetralisir Usai Makan Daging Kambing saat Idul Adha

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News