HOME, Keluarga

Cara Mendesain Kamar Mandi yang Aman dan Nyaman untuk Anak

Cara Mendesain Kamar Mandi yang Aman dan Nyaman untuk Anak

MOMSMONEY.ID - Bagi para orang tua, tinggal di rumah bersama anak yang masih kecil menghadirkan berbagai tantangan tersendiri.

Salah satunya adalah risiko cedera dan terluka yang kerap terjadi karena tidak sengaja terbentur, tergelincir, atau terkena sesuatu di rumah.

Memang, di tahap usia yang masih belia, anak-anak cenderung suka mengeksplorasi sekitarnya sehingga risiko kecelakaan kadang tak terhindarkan.

Walaupun begitu, risiko tersebut sebenarnya bisa diminimalisir dengan mendesain rumah yang ramah dan aman untuk anak. Konsep rumah ramah anak ini bisa diaplikasikan di mana saja, termasuk di kamar mandi.

Baca Juga: 4 Tips Menggunakan Batu Alam di Kamar Mandi untuk Kesan Natural

Bagaimana caranya mendesain kamar mandi yang ramah dan aman untuk anak? Merangkum penjelasan dari Fresher Bathrooms, CAD Details, dan Bathroom City, berikut tipsnya.

Gunakan lantai yang anti-selip

Cedera akibat terpeleset merupakan salah satu hal yang kerap terjadi di kamar mandi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada anak Anda, gunakan lantai dengan keramik yang anti-selip dan memiliki tekstur kasar.

Selain keramik lantai, Anda juga bisa menambahkan keset kaki dengan alas yang tidak licin, sehingga tidak mudah bergeser saat diinjak. Hal ini akan membantu meminimalisir risiko terpeleset.

Hindari sudut tajam

Mungkin Anda sering mendengar saran untuk menghindarkan anak dari sudut-sudut tajam di rumah. Hal yang sama juga berlaku di kamar mandi sehingga anak Anda tidak akan mudah terluka.

Jadi, Anda bisa mendesain kamar mandi yang minim sudut tajam. Misalnya, gunakan bak mandi dengan sisi-sisi yang melengkung, wastafel dan bathtub yang membulat, hingga keramik berbentuk bundar.

Baca Juga: Tak Membosankan, Simak 4 Tips Menggunakan Warna Gelap di Kamar Mandi

Tambahkan pijakan kaki

Bagi anak-anak, hal sesederhana menggunakan wastafel atau kloset jongkok bisa menjadi hal yang menyulitkan karena mereka harus berjinjit, sehingga berisiko menjatuhkan barang-barang tertentu.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menyediakan pijakan kaki yang kokoh dan aman digunakan untuk anak-anak di kamar mandi. Jadi, mereka tidak harus berjinjit atau memanjat dengan cara yang berbahaya hanya untuk mengakses kamar mandi.

Simpan benda berbahaya di tempat tertutup

Ada berbagai benda yang tampaknya biasa saja bagi orang dewasa, tapi bisa membahayakan anak-anak. Misalnya, ada pisau cukur, karbol, pembersih kloset, dan lain-lain.

Supaya anak-anak tidak mudah mengambil dan menggunakan benda-benda tersebut tanpa sepengetahuan orang tua, lebih baik simpan beberapa benda yang dapat membahayakan si anak di tempat tertutup yang tidak terjangkau oleh mereka.

Itulah beberapa tips untuk menciptakan kamar mandi yang aman untuk anak. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News