Keluarga

Cara Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias, Ini Tipsnya!

Cara Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias, Ini Tipsnya!

MOMSMONEY.ID - Mengoleksi berbagai tanaman hias memang dapat menghadirkan berbagai keuntungan bagi penghuni rumah. Selain dapat menyegarkan rumah, keberadaan tanaman hias di dalam rumah dapat mempercantik penampilan rumah sehingga enak dipandang.

Merawat tanaman hias pun dapat membantu mengusir kejenuhan selama tinggal di rumah.

Namun, mendekorasi rumah dengan tanaman hias tentu tidak boleh sembarangan. Jika sembarangan menaruh tanaman hias di rumah tanpa penataan atau pengetahuan yang tepat, bisa menyebabkan tanaman hias mati atau tidak tumbuh seperti seharusnya, sehingga merusak penampilan ruangan.

Dilansir dari Big Beautiful Homes dan Stauffers of Kissel Hill, berikut tips mendekorasi rumah dengan tanaman hias yang bisa Anda ikuti.

Mulai dari yang sederhana

Saat memilih tanaman hias untuk dekorasi rumah, ada baiknya Anda memilih tanaman hias sederhana yang mudah dirawat seperti lidah mertua atau spider plant. Selain itu, belilah tanaman dengan jumlah sedikit supaya tidak terlalu kewalahan saat merawatnya. Jika sudah terbiasa merawat tanaman hias, barulah tambahkan tanaman lain sesuai selera.

Baca Juga: 4 Tips Menggunakan Warna Kuning Mustard di Rumah, Mudah!

Sesuaikan dengan gaya interior rumah

Karena akan digunakan sebagai dekorasi rumah, maka perlu memilih tanaman dengan desain yang sesuai dengan gaya interior rumah sehingga terlihat serasi. Misalnya, Anda bisa memilih tanaman dengan bentuk simpel untuk interior rumah modern-minimalis.

Kombinasikan beragam ukuran tanaman

Satu tanaman yang diletakkan begitu saja bisa terlihat membosankan dan memberi kesan sepi pada ruangan. Cobalah menggabungkan sekelompok tanaman dengan ukuran yang berbeda untuk memberi kesan kontras yang cantik dalam ruangan. Anda bisa mengelompokkan tanaman dengan jumlah ganjil (misalnya 3 buah) supaya ruangan terlihat menarik.

Tambahkan warna yang beragam

Selain ukuran tanaman yang berbeda, Anda bisa menggunakan tanaman hias dengan variasi warna hijau yang berbeda-beda. Atau, gunakan tanaman berbunga untuk memberi warna cerah yang cantik di dalam ruangan.

Baca Juga: Ingin Memelihara Kucing Berbulu Panjang? Berikut Beberapa Jenisnya

Gunakan pot atau wadah tanaman yang unik

Keberadaan tanaman hias di dalam rumah bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menambah dekorasi rumah melalui penggunaan pot atau wadah tanaman dengan desain yang unik. Pilihlah pot dengan material dan desain yang cocok dengan tema interior rumah Anda supaya terlihat serasi.

Perhatikan perawatan tiap tanaman

Karena tanaman hias merupakan makhluk hidup, Anda perlu merawatnya dengan baik. Tiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, misalnya dari segi pencahayaan dan kelembapan. Pastikan Anda melakukan riset soal tanaman hias di rumah untuk mendapatkan panduan merawat tanaman yang benar.

Nah, itulah beberapa tips dasar soal mendekorasi rumah dengan tanaman hias. Bagaimana, siap menambahkan tanaman hias sebagai dekorasi rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News