HOME, Keluarga

Cara Mencegah Maskne, Jerawat Akibat Pemakaian Masker Medis Maupun Kain

Cara Mencegah Maskne, Jerawat Akibat Pemakaian Masker Medis Maupun Kain

MOMSMONEY.ID - Pandemi Covid-19 telah mengharuskan kita untuk selalu menggunakan masker ketika keluar rumah atau pada saat bertemu dengan orang lain.

Meski pengap, namun aturan penggunaan masker tentu harus kita patuhi demi kebaikan bersama.

Selain napas menjadi tidak leluasa, penggunaan masker baik medis maupun kain juga kerap kali memunculkan permasalahan kulit seperti jerawat. Nah, jerawat akibat pemakaian masker inilah yang dinamakan dengan maskne.

Baca Juga: Rekomendasi Bedak Lokal yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Pengertian maskne

Melansir tulisan dari dr. Andina Bulan Sari, Sp.KK, maskne atau mask acne merupakan jerawat yang terbentuk pada area yang tertutup masker seperti hidung, dagu, atau area pipi bagian bawah.

Maskne termasuk salah satu bentuk akne mekanika yang terjadi akibat pemakaian masker dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan kulit wajah terus bergesekan dengan masker dan berpotensi memicu iritasi serta peradangan kulit.

Cara mencegah maskne

Supaya maskne enggan untuk menyerang wajah cantik Moms, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah maskne dilansir dari Medical News Today sebagai berikut:

1. Mencuci masker

Apabila Moms terbiasa menggunakan masker kain, maka Moms harus selalu ingat untuk tidak malas mencucinya. Setelah menggunakan masker kain, sangat disarankan bagi Moms untuk segera mencucinya. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan patogen, minyak, dan sel-sel kulit pada masker kain yang dapat menyebabkan timbulnya maskne.

Gunakan detergen hypoallergenic yang bebas pewangi untuk mencuci masker kain. Setelah dicuci, pastikan masker kain benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

2. Pakai masker secara benar

Untuk mencegah gejala maskne, Moms harus memilih masker yang nyaman untuk digunakan dan tidak bersifat mengiritasi kulit.

Hindarilah masker yang terbuat dari bahan yang keras serta dapat menyebabkan reaksi alergi sekaligus gesekan yang berlebihan.

Baca Juga: Enggak Nyaman! Inilah Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

3. Ganti masker setiap 4 jam

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah maskne adalah dengan rajin mengganti masker setelah 4 jam penggunaan. Metode ini terbukti dapat mengurangi risiko maskne.

Pastikan untuk mengganti masker di tempat-tempat yang aman dan minim keramaian seperti rumah, mobil pribadi, atau di luar ruangan dengan jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain. Ingat juga untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melepas masker guna menghindari penyebaran virus dari tangan ke wajah.

4. Tidak menggunakan makeup berlebihan

Makeup berlebihan yang tertutupi masker berpotensi menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu, gunakanlah makeup seminim mungkin ketika Moms hendak bepergian ke luar rumah dengan menggunakan masker.

Moms bisa menggunakan produk makeup dengan formula non-comedogenic untuk menghindari pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan maskne.

5. Hindari kosmetik yang bersifat keras

Penggunaan masker walaupun sebentar bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya permasalahan kulit yang lebih parah, disarankan untuk menghindari produk-produk kosmetik yang memiliki kandungan bersifat keras supaya kulit tidak mengalami iritasi.

Produk-produk kosmetik yang dimaksud meliputi produk exfoliant, chemical peeling, dan retinoid.

6. Cuci muka dan aplikasikan pelembab

Mencuci muka secara teratur dan memakai pelembab setelahnya berguna untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

Kedua perawatan kulit wajah ini merupakan metode yang sederhana namun potensial untuk mencegah datangnya jerawat termasuk maskne. Jangan lupa untuk menggunakan sabun muka dan moisturizer yang tepat agar iritasi kulit atau permasalahan kulit lainnya tidak datang menghampiri.

Sekian informasi tentang cara mencegah maskne atau jerawat akibat memakai masker. Semoga membantu dan jangan lupa dipraktikkan ya, Moms!

Selanjutnya: Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News