HOME, Bugar

Cara Mencegah Kulit Sensitif dari Gatal dan Iritasi Akibat Kosmetik

Cara Mencegah Kulit Sensitif dari Gatal dan Iritasi Akibat Kosmetik

MOMSMONEY.ID - Kulit sensitif adalah kondisi kulit di mana rentan terhadap gatal dan iritasi yang disebabkan oleh zat atau bahan tertentu saat menggunakan kosmetik dan perlengkapan mandi. Jika Anda pernah mengalami gatal, perih bahkan kulit mengelupas akibat bahan kosmetik tertentu bisa saja kulit anda sensitif.

Selain itu, kulit sensitif juga bisa muncul dari polusi udara, paparan sinar matahari, perubahan hormon dan obat-obatan. 

Kulit sensitif biasanya akan memunculkan tanda tanda seperti ruam atau bercak merah, terasa cekit-cekit, perih ataupun terbakar, gatal, kering, bahkan mengelupas.

Kulit sensitif akan langsung timbul efeknya setelah Anda menggunakan suatu produk. Oleh karena itu, agar tidak kambuh lagi, sebaiknya anda mencegah kulit yang sensitif dengan cara berikut ini, dilansir dari jovee.id:

1. Hindari iritan

Biasanya, bahan yang dapat memunculkan iritasi untuk kulit sensitif yaitu benzoil peroksida, sulfur (belerang), glycolic acid, alkohol, dan retinoid. Jika produk Anda mengandung bahan tersebut, hindari pemakaian agar tidak memunculkan kulit iritasi. 

2. Perhatikan produk yang dipilih

Pilihlah produk khusus untuk kulit sensitif yang umumnya mengandung lebih sedikit bahan kimia, lembut di kulit, dan tanpa wewangian. Biasanya produk ini diberi label “hypoallergenic

Baca Juga: Inilah Manfaat Argan Oil Bagi Kulit Wajah Anda

3. Gunakan pelembab

Selanjutnya, gunakan pelembab karena kulit sensitif rentan menjadi kering dan pecah-pecah. Pelembab dengan kandungan petrolatum, minyak mineral, asam linoleat, ceramide, dimethicone, atau gliserin umumnya aman digunakan untuk orang-orang berkulit sensitif.

4. Mencoba produk lebih dulu

Saat Anda ingin membeli produk baru, pastikan mencobanya terlebih dahulu. Anda bisa coba oleskan produk tersebut pada punggung lengan, bahu, atau belakang telinga, lalu membiarkannya selama beberapa saat. 

Sebab bagian kulit tersebut lebih sensitif daripada area lainnya, sehingga bisa memberi respons yang cukup cepat. Jika kulit menjadi kemerahan, gatal, atau perih, berarti kulit Anda tidak cocok dengan produk tersebut.

5. Mandi dengan air bersuhu ruangan

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah tidak mandi terlalu lama. Gunakan juga air bersuhu ruangan dan sabun mandi yang dikhususkan untuk kulit sensitif.

6. Membatasi sinar matahari

Salah satu faktor penyebab munculnya kulit sensitif yaitu paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama. Gunakan sunscreen khusus untuk kulit sensitif dengan SPF 30 saat anda keluar rumah. Disarankan, Anda juga mengenakan pakaian yang nyaman, berbahan katun dan menyerap keringat.Dengan begitu, kulit dapat terhindar dari biang keringat dan iritasi.

Moms, seperti itulah cara mencegah kulit sensitif agar tidak kambuh lagi. Untuk penangan yang lebih serius, anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter. 

Selanjutnya: Ini 5 Rekomendasi Obat Totol Jerawat di Apotek yang Ampuh dan Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News