Cara Mencegah Asam Urat, Tidak Mengonsumsi 5 Buah Pantangan Asam Urat

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 25 November 2022 | 05:29 WIB
Cara Mencegah Asam Urat, Tidak Mengonsumsi 5 Buah Pantangan Asam Urat

ILUSTRASI. Cara Mencegah Asam Urat Kambuh, Tidak Mengonsumsi 5 Buah Pantangan Asam Urat


MOMSMONEY.ID - Cara mencegah asam urat kambuh sangat beragam, salah satunya dengan tidak mengonsumsi 5 buah pantangan asam urat. 

Untuk mencegah asam urat tidak kambuh lagi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.  

Penyakit asam urat adalah jenis radang sendi yang terjadi karena kadar uric acid atau asam urat yang tinggi di tubuh.  

Pada masyarakat awam, kondisi ini disebut juga encok. Oleh karena itu, kadar asam urat perlu dijaga di kisaran normal sebagai bentuk pencegahan penyakit asam urat.  

Melansir dari Health Focus, inilah beberapa cara mencegah penyakit asam urat tidak kambuh lagi dengan melakukan beberapa cara berikut:  

1. Batasi makanan tinggi purin

Asupan tinggi purin merupakan salah satu penyebab asam urat. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga pola makan dan membatasi makanan tinggi purin untuk mencegah asam urat terjadi.  

Beberapa makanan tinggi purin di antaranya jeroan, makanan laut (seafood), daging merah, minuman beralkohol, makanan atau minuman mengandung pemanis, dan jenis makanan lainnya.   

2. Banyak minum air putih 

Selain air putih, minuman yang disarankan adalah minuman yang diionisasi atau yang mengandung mineral. Anda dapat minum delapan hingga 12 gelas sehari.  

Kemudian, wajib mengurangi konsumsi air alkali dan jangan minum air berbaking soda, karena dua jenis minuman ini mengandung banyak garam yang berbahaya bagi pengidap asam urat.  

3. Rajin mengonsumsi ceri, seledri, dan stroberi

Tiga jenis makanan ini mengandung komponen yang efektif memerangi asam urat. Ketiganya mengandung antioksidan lengkap yang bisa melindungi persendian dari peradangan.  

Selain itu, biji seledri juga memiliki potensi untuk mengurangi penumpukan asam urat.  

4. Hindari cedera untuk pencegahan asam urat

Trauma atau cedera pada sendi dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat, terutama bagi yang sudah memiliki asam urat tinggi.  

Sebaiknya, menghindari cedera atau trauma sebagai bentuk pencegahan. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengenakan sepatu yang pas dan tepat sesuai ukuran kaki Anda.  

5. Minum susu dan jus jeruk

Susu terbukti mampu menurunkan kadar asam urat. Jika Anda potensial mengidap asam urat, risikonya dapat diturunkan bila minum segelas susu setiap hari.  

Satu gelas susu menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dL, demikian pula dengan jus jeruk, walau susu lebih ampuh mencegah asam urat.  

Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan cek asam urat guna membantu mengontrol kadar uric acid Anda dan terhindar dari penyakit tersebut.  

Itulah beberapa cara mencegah penyakit asam urat kambuh yang bisa Anda lakukan. Selain itu, Asam urat kambuh disebabkan karena banyak faktor, salah satunya adalah asupan makanan. 

Baca Juga: Daftar 12 Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol

Makanya, cara mencegah asam urat kambuh, salah satunya dengan tidak mengonsumsi 5 buah pantangan asam urat ini. 

Ada buah dan sayur yang bisa membuat asam urat naik, hingga jadi pantangan penderita asam urat.  

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. Penyakit ini tidak bersifat menular tapi asam urat bisa menyerang siapa saja, laki-laki atau perempuan.   

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun.   

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi.   

Penumpukan asam urat ini, bisa menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki.   

Alhasil, penderita asam urat pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat penyakit asam uratnya kambuh.   

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan.   

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, dan hati sapi.   

Selain itu, ternyata ada beberapa jenis buah dan sayur bisa memicu naiknya kadar asam urat dalam tubuh.   

Baca Juga: Tidak Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Garam Hitam Himalaya untuk Kesehatan

Berikut ini cara mencegah asam urat kambuh dengan tidak mengonsumsi 5 buah pantangan asam urat, antara lain:  

1. Bayam 

Sayuran hijau ini memang kaya vitamin C, flavonoid, dan zat besi. Hanya saja, perlu Anda tahu dalam 100 gram bayam mengandung 57 gram purin.   

2. Rambutan 

Rambutan memiliki rasa yang manis bila matang sempurna. Asal tahu saja, gula dalam rambutan ini bisa berubah menjadi alkohol bila tingkat kematangan rambutan terlalu tinggi.  

Konsumsi buah rambutan secara berlebihan bisa memicu asam urat tinggi.   

3. Nanas

Buah nanas mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Sayangnya, nanas bisa merubah menjadi alkohol saat masuk dalam sistem pencernaan. Alkohol tersebut bisa memicu naiknya kadar asam urat.   

4. Durian 

Durian memiliki aroma dan rasa yang khas. Sudah bukan rahasia bila durian mengandung kolesterol tinggi.  

Selain bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, buah durian juga bisa memicu asam urat tinggi bila dikonsumsi secara berlebihan.   

5. Nangka 

Selain tinggi kalori, nangka mengandung purin tinggi yang bisa memicu naiknya kadar asam urat.  

Itulah penjelasan tentang cara mencegah asam urat kambuh, dengan tidak mengonsumsi 5 buah pantangan asam urat ini.  

Selanjutnya: Member BTS Jin akan Memulai Wajib Militer pada 13 Desember 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER