Keluarga

Cara Menanam Rosemary di Pot, Tanaman Herbal yang Bisa Mengurangi Depresi

Cara Menanam Rosemary di Pot, Tanaman Herbal yang Bisa Mengurangi Depresi

MOMSMONEY.ID - Anda berencana menanam rosemary tetapi kekurangan lahan? Tak perlu khawatir, ada cara menanam rosemary di pot dengan mudah dan praktis. 

Seperti diketahui, rosemary merupakan tanaman herbal yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Rosemary sering dikonsumsi karena memiliki khasiat meningkatkan memori dan ingatan. Selain itu, tanaman herbal ini juga bisa mengurangi depresi. 

Daun rosemary yang berbentuk seperti jarum tidak hanya berfungsi sebagai hiasan tetapi juga menambah rasa pada berbagai resep. Ini dapat meningkatkan pencernaan dan sirkulasi darah ketika ditambahkan dalam sup, salad, dan semur.

Zat besi, kalsium, dan vitamin B-6 juga banyak ditemukan di rosemary. Ini juga merupakan sumber yang kaya antioksidan dan senyawa anti-inflamasi.

Baca Juga: Bisa Dicoba di Rumah, Berikut Cara Menanam Wortel dalam Pot

Mengutip Balcony Garden Web, berikut cara menanam rosemary di rumah menggunakan pot. 

1. Pilih pot 

Rosemary

Ukuran pot tergantung pada jenis rosemary yang Anda tanam. Anda dapat menanam varietas rosemary dalam pot yang lebih kecil, sedangkan kultivar rosemary tegak membutuhkan pot sedang hingga besar.

2. Pilih cara menanam 

Ada dua jenis cara menanam rosemary, yaitu menggunakan stek dan biji. 

Menanam rosemary menggunakan biji cocok dipilih apabila Anda tidak mau repot. Akan tetapi, rosemary akan tumbuh lebih lama apabila menggunakan cara ini. 

Sementara itu, menanam rosemary dari stek adalah cara mudah. Pertama, cari tanaman rosemary yang sehat dan pilih beberapa tunas muda yang tidak berbunga. 

Baca Juga: Hemat Biaya dan Kaya Nutrisi, Begini Cara Menanam Pakcoy di Rumah

Gunakan alat tajam untuk menghilangkan set daun bagian bawah. 

Jika Anda hanya menanam satu atau dua tanaman, lebih baik membeli transplantasi dari pembibitan terdekat, daripada memperbanyaknya dari biji atau stek.

Selanjutnya, Anda dapat mulai memetik rosemary ketika batangnya sudah keras. Namun perlu diingat, terlalu banyak memetik dapat menyebabkan kerusakan permanen pada tanaman.

Nah, itu tadi cara menanam rosemary di pot yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News