AturUang

Cara Menabung Terbaik Bagi Pemula ala Bank Jago

Cara Menabung Terbaik Bagi Pemula ala Bank Jago

MOMSMONEY.ID -  Momsmoney ikut senang jika Anda sudah siap untuk menabung. Pas banget, Bank Jago memberikan 5 cara menabung terbaik bagi pemula yang bisa Anda ikuti. 

Menabung tentu memiliki banyak keuntungan. Anda jadi punya simpanan uang saat kondisi darurat seperti sedang sakit, keluarga sedang membutuhkan bantuan, bahkan hingga mewujudkan cita-cita jangka panjang seperti menikah dan membeli rumah. 

Baca Juga: Suku Bunga KPR BNI Mulai dari 2,76%, Berlaku Hingga Desember 2022

Namun tak jarang bagi pemula, menabung adalah hal yang sulit dilakukan. Biasanya uang sudah keburu habis untuk memenuhi kebutuhan hidup sebelum ditabung. Tapi tenang saja, yuk kita simak cara menabung terbaik bagi pemula ala Bank Jago

1. Cari tahu berapa biaya kebutuhan hidup Anda selama ini

Saat mulai menabung, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berapa jumlah uang yang akan Anda simpan. Untuk itu, Anda perlu tahu pengeluaran bulanan terlebih dahulu. 

Anda bisa mulai mencatat belanja kebutuhan bulanan pokok dengan menggunakan aplikasi penghitung pengeluaran. Jika Anda menggunakan aplikasi Bank Jago, Anda bisa cek pengeluaran melalui riwayat transaksi dan download e-statement pengeluaran Anda. 

2. Lakukan pengurangan belanja

Cara kedua yang perlu Anda lakukan saat akan menabung adalah mengurangi belanja Anda. Pada cara pertama Anda sudah mengetahui berapa jumlah pengeluaran bulanan Anda. Sekarang Anda bandingkan dengan pendapatan bulanan.

Jika pendapatan Anda selalu habis untuk belanja, sebaiknya Anda mulai mengurangi jumlah belanja. Caranya bedakan antara kebutuhan dan keinginan Anda. 

Misalnya beli makan online setiap hari sebenarnya bukan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mulai menabung, ada baiknya mengurangi beli makan online. Misalnya kurangi menjadi hanya 2 kali per minggu. Sisanya Anda bisa makan masakan rumah atau memasak sendiri. 

3. Tetapkan bujet untuk menabung

Cara menabung terbaik bagi pemula selanjutnya adalah menetapkan bujet untuk menabung. Tentukan berapa bujet menabung tiap bulan yang Anda inginkan dan sesuai kemampuan Anda. 

Supaya tak bingung, Anda perlu tahu dulu tujuan Anda menabung. Apakah untuk dana darurat saja atau ada rencana membeli mobil, atau liburan ke Korea Selatan dalam dua tahun ke depan? Tujuan ini akan menentukan bujet menabung yang berbeda. 

Semakin besar tujuan Anda menabung, semakin besar pula bujet yang Anda harus tabung. Maka semakin besar pula bujet belanja yang harus Anda kurangi.

4. Tentukan target menabung

Untuk meningkatkan antusiasme dan kedisiplinan Anda menabung, tentukan target Anda menabung dan dalam jangka waktu berapa lama harus tercapai. Jika Anda ingin menabung Rp 20.000.000 dalam dua tahun, maka per bulan Anda perlu menabung sekitar Rp 830.000.

Baca Juga: Biaya Sekolah Makin Mahal, Ini 5 Cara Mulai Merencanakan Pendidikan Anak

5. Lakukan sistem penyimpanan otomatis

Anda bisa menerapkan sistem auto-debet pada rekening bank yang Anda miliki. Anda juga bisa menggunakan fitur Autosave pada aplikasi Bank Jago. Jadi Anda tak mungkin lupa untuk menyisihkan uang untuk menabung. 

Jika Anda mulai sejak sekarang, Anda akan tahu betapa menyenangkannya melihat tabungan Anda terus bertambah secara perlahan tapi pasti. Demikin informasi cara menabung terbaik bagi pemula ala Bank Jago. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News