HOME, Keluarga

Cara Memilih Sabun Muka yang Cocok Berdasarkan Tipe Kulit

Cara Memilih Sabun Muka yang Cocok Berdasarkan Tipe Kulit

MOMSMONEY.ID - Mencuci muka wajib dilakukan untuk menyingkirkan sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah.

Kegiatan cuci muka disarankan untuk dilakukan setidaknya 2 kali dalam sehari. Selain menggunakan air bersuhu ruang, cuci muka juga sebaiknya dilengkapi dengan bantuan produk sabun muka. Hal ini dilakukan agar seluruh residu yang ada pada wajah dapat terangkat secara maksimal.

Tapi, apakah Moms tahu jika produk sabun muka yang ada di pasaran memiliki formula yang berbeda satu sama lain? Perbedaan formula pada setiap sabun muka tentu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing tipe kulit.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Face Wash Terbaru yang Wajib Anda Coba

Oleh sebab itu, agar Moms tak salah pilih, berikut MomsMoney paparkan kriteria sabun muka berdasarkan tipe kulit yang dilansir dari Vogue.

Sabun muka untuk kulit kering

Para pemilik kulit kering atau dry skin disarankan untuk memilih sabun muka yang lembut. Penting juga untuk memilih sabun muka dengan kandungan bahan pelembab serta asam lemak dalam bentuk minyak di dalamnya.

Seorang dokter kulit asal Mumbai bernama Dr Jaishree Sharad menyarankan kepada pemilik kulit kering untuk memilih sabun muka yang mengandung petrolatum, lanolin, dan minyak mineral. Kandungan-kandungan tersebut tidak hanya mampu membersihkan kulit namun juga akan menyisakan kelembaban.

Pastikan juga untuk menggunakan sabun muka yang bersifat hypoallergenic (tidak mudah menyebabkan alergi), bebas pewangi, tidak mengandung bahan kimia atau alkohol, serta memiliki formula yang tidak berbusa. Hindari sabun muka antibakteri dan sabun muka yang memiliki kandungan eksfoliator seperti asam salisilat atau glikolat agar tidak membuat kulit wajah menjadi semakin kering.

Sabun muka untuk kulit berminyak

Sabun muka yang cocok untuk kulit berminyak atau oily skin adalah sabun yang mengandung bahan-bahan alami seperti lidah buaya dan tea tree oil. Kedua bahan tersebut diklaim mampu menyeimbangkan produksi minyak dan mendukung kejernihan kulit.

Selalu ingat pula untuk memilih sabun muka yang tidak memiliki efek mengeringkan serta tidak membuat kulit tertarik. Agar kulit tidak semakin berminyak, Moms harus menghindari sabun muka yang mengandung minyak atau alkohol.

Apabila kulit Moms juga termasuk acne prone (berjerawat), Moms bisa menggunakan sabun muka berbahan dasar asam salisilat. Asam salisilat pada sabun muka berfungsi untuk membuka pori-pori sekaligus menghilangkan minyak berlebih.

Sabun muka untuk kulit sensitif atau kombinasi

Sabun muka yang tidak bersifat hypoallergenic, bebas pewangi, bebas paraben, dan bebas sabun sangat cocok untuk digunakan oleh para pemilik kulit sensitif dan kombinasi.

Menurut Dr Sharad, produk Micellar Water adalah produk pembersih wajah terbaik untuk kulit bertipe sensitif dan kombinasi.

Sekian informasi tentang cara memilih sabun muka yang sesuai dengan masing-masing tipe kulit. Dikutip dari Loreal Paris, agar kegiatan cuci muka dapat membuahkan hasil, pastikan untuk terlebih dahulu mencuci tangan sebelum mencuci muka, membersihkan sisa makeup dan sunscreen sebelumnya, tidak mecuci muka terlalu sering, serta tidak membilas muka dengan menggunakan air panas ya Moms.

Selanjutnya: Manfaat Green Tea Bagi Perawatan Kecantikan Kulit

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News