Santai

Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dan Rekomendasi Produknya

Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dan Rekomendasi Produknya

MOMSMONEY.ID - Dalam mencari produk asuransi jiwa terbaik bagi Anda, ada baiknya Moms tahu cara memilih asuransi jiwa terbaik dan rekomendasi yang sudah Momsmoney rangkum. 

Melansir Cermati, asuransi jiwa adalah produk perlindungan finansial bagi ahli waris serta keluarga saat nasabah meninggal dunia. Perlindungan finansial tersebut berupa santunan uang pertanggungan atau uang tunai. 

Sebelum melangkah ke cara memilih asuransi jiwa terbaik, Anda perlu mengetahui beberapa produk asuransi jiwa secara umum. Melansir Lifepal, setidaknya ada 4 produk asuransi jiwa. 

Baca Juga: Asuransi BCA, Ini Jenis Asuransi Jiwa yang Ditawarkan BCA

4 produk asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui

  • Berjangka atau term life: jenis asuransi jiwa ini dapat memberikan uang pertanggungan dalam jangka waktu tertentu dengan maksimal 30 tahun. Jenis ini cocok untuk proteksi jangka pendek. 
  • Seumur hidup atau whole life: jenis asuransi jiwa ini dapat memberikan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia diberikan selama masa hidup nasabah, selama tetap membayarkan premi. 
  • Unitlink: jenis asuransi jiwa ini memberikan manfaat uang pertanggungan dan nilai investasi sekaligus. Premi yang Anda bayarkan untuk asuransi dan investasi. 
  • Dwiguna: jenis asuransi ini memberikan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia dan tabungan sekaligus. 

Setelah mengetahui produk asuransi jiwa, Anda bisa mempelajari setiap jenis pproduk tersebut dan memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, dalam memilih asuransi jiwa Anda tidak boleh terpaku hanya pada premi yang mudah. Simak cara memilih asuransi jiwa terbaik, yuk.

Cara memilih asuransi jiwa terbaik

1. Memberi uang pertanggungan besar

Sebenarnya bukan masalah uang pertanggungan yang tinggi dalam memilih asuransi jiwa terbaik. Tapi, uang pertanggungan yang diberikan harus cukup memberikan uang pertanggungan yang memadai jika nasabah meninggal dan tak lagi mampu memberikan nafkah. 

2. Premi terjangkau

Cara memilih asuransi jiwa terbaik adalah memilih produk dengan premi terjangkau. Biasanya, premi terjangkau dapat kamu temukan di produk kecuali unit-link. 

3. Ada layanan paket keluarga

Cara memilih asuransi jiwa terbaik adalah memilih perusahaan asuransi yang menyediakan paket keluarga. Paket ini menggabungkan proteksi jwa dengan asuransi kesehatan keluarga. 

4. Layanan pengembalian premi

Cara memilih asuransi jiwa terbaik selanjutnya adalah memilih asuransi yang menyediakan layanan pengembalian premi jika Anda tidak mengajukan klaim. 

Perhatikan polis sebelum Anda menyetujui membeli suatu produk asuransi. Biasanya, layanan pengembalian premi ini mulai dari 25 persen hingga lebih dari 100 persen. 

Baca Juga: Beri Literasi Keuangan, Intip 5 Cara Ajari Anak Mengatur Keuangan Sesuai Usianya

5. Menyediakan banyak opsi rider

Opsi rider yang biasa disediakan adalah pembebeasan premi jika nasabah mengalami cacat tetap, pertanggungan penyakit kritis hingga uang santunan tambahan jika meninggal akibat kecelakaan. 

6. Reputasi dan rekam jejak perusahaan terjamin

Sebenarnya, ini yang paling utama dalam memilih asuransi jiwa terbaik. Anda perlu melihat reputasi perusahaan asuransi, pilih yang terpercaya dan minim komplain dar nasabah. 

7. Uang pertanggungan dan biaya premi sebanding

Cara memilih asuransi jiwa terbaik yang terakhir adalah memilih produk asuransi yang sebanding antara uang pertanggungan dan biaya premi yang sebanding. 

Jangan sampai Anda langsung tergiur dengan biaya premi yang rendah tanpa melihat uang pertanggungan dan prediksi kebutuhan finansial ke depan jika terjadi risiko meninggal dunia. 

5 rekomendasi asuransi jiwa

Melansir Lifepal, Cermati,  Cekpremi, dan Qoala, berikut ini 5 asuransi jiwa yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Tapi, Anda perlu secara mandiri melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih produk asuransi jiwa terbaik. 

1. Simas Jiwa

Salah satu produk dari Asuransi Simas Jiwa yang dapat direkomendasikan adalah SIJI Guard 4. Polis ini menanggung usia masuk nasabah sampai dengan 69 tahun. Biasanya, produk serupa hanya menganggung usia sampai 60 tahun saja. 

2. Asuransi Jiwa Sequis Life

Salah satu rekomendasi asurans jiwa Sequis Life adalah Q Smart Life New Gen Insurance. Asuransi ini memberikan perlindungan jiwa untuk membantu kesejahteraan keluarga sampai Anda berusia 100 tahun. Premi terjangkau dengan manfaat hingga miliaran rupiah. 

3. AIA Financial

Asuransi jiwa dari AIA Financial, AIA Critica Protection tidak hanya memberi manfaat santunan saat nasbah meninggal. Asuransi ini juga menanggung biaya pengobatan terhadap risiko penyakit kritis sampai umur 99 tahun.

Nasabah juga dibebaskan untuk memilih durasi pembayaran preminya antara 10-20 tahun.

4. Prudential Life Assurance

Asuransi jiwa Prudential biasanya menawarkan jenis unit link sehingga preminya cukup mahal. Premi asuransi jiwa Prudential ini mulai dari Rp 200.000. 

Asuransi jiwa Prudential biasanya menanggung kerugian tertanggung meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan. Serta, ada perlindungan kesehatan untuk keluarga dan jaminan masa tua. 

Baca Juga: Pilih Sesuai Kebutuhan, Ini Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

5. Asuransi Jiwa Manulife

Asuransi jiwa Manulife bisa memberikan uang pertanggungan hingga miliaran rupiah tergantung jenis yang Anda pilih. Asuransi ini memberikan jaminan perlindungan seumur hidup hingga santunan meninggal dunia dalam dollar AS. 

Demikian informasi mengenai cara memilih asuransi jiwa terbaik yang bisa Anda pelajari manfaat dan kekurangannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News