CLOSE [X]
ads

Cara Membuat Disinfektan Alami saat Isolasi Mandiri

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 09 Agustus 2021 | 09:17 WIB
Cara Membuat Disinfektan Alami saat Isolasi Mandiri

ILUSTRASI. Cara membuat disinfectant alami saat isolasi mandiri. KONTAN/Baihaki/23/06/2021


MOMSMONEY.ID - Disinfektan kini menjadi salah satu persediaan yang harus selalu ada dalam rumah. Terutama saat pandemi virus corona melanda, disinfektan adalah cairan wajib yang harus dimiliki untuk melindungi keluarga dari virus. 

Namun, jika persediaan di rumah habis, Anda tak perlu khawatir. Karena sebenarnya kita bisa membuat disinfektasn sendiri dengan bahan-bahan yang justru alami dan tidak berbahaya.

Berikut adalah beberapa bahan yang ada di rumah yang sebenarnya bisa digunakan sebagai disinfektan saat isolasi mandiri.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal untuk Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

1. Lemon

Rebus Lemon pada panci gosong

Asam sitrat dalam lemon dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan noda-noda alkalis. Cara membuat antiseptik alami dari lemon juga bisa berfungsi untuk mengurangi bakteri di permukaan.

Meski tidak terlalu efektif, tapi antiseptik dari lemon memiliki aroma segar sehingga bisa dijadikan pilihan. 


2. Cuka Putih

Aneka Manfaat Cuka di Rumah Anda

Cara membuat antiseptik alami yang pertama adalah dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih terbuat dari campuran asam asetat dan air. 

Pada 1994, penelitian dalam Journal of Enviromental Health menyebutkan bahwa tingginya kandungan asam dalam cuka putih bisa membunuh kuman di permukaan benda, meski masih kalah dari antiseptik komersil pada umumnya. 

Antiseptik dari cuka putih cocok digunakan bagi Anda yang ingin membersihkan lingkungan sekitar dengan bahan yang lebih aman. 

 Baca Juga: Konsumsi Buah-Buahan Ini Untuk Membantu Turunkan Kolesterol

3. Essential Oil 

Trulife by Tupperware

Cara membuat antiseptik alami juga bisa memakai essential oil. Memiliki aroma yang wangi, essential oil memiliki banyak fungsi, termasuk membunuh bakteri dan jamur. 

Saat dicampurkan pada sabun dan air, essential oil bisa meningkatkan kemampuan campuran tersebut untuk membersihkan permukaan benda. Ada banyak jenis essential oil yang bisa dipakai untuk membersihkan kuman, seperti tea tree oil, jeruk, citronella, lemongrass, dan lain sebagainya. 

Mudah kan, Moms?

Selanjutnya: Gejala Ambeien yang Harus Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER