Santai

Cara Membuat Akun Bisnis di Telegram, Bisa Bantu Kembangkan Usaha Anda

Cara Membuat Akun Bisnis di Telegram, Bisa Bantu Kembangkan Usaha Anda

MOMSMONEY.ID - Anda dapat membangun koneksi yang solid dengan pelanggan dan meningkatkan pengenalan merek dengan cara membuat akun bisnis di Telegram. Cara kerja akun bisnis di Telegram hampir sama seperti di WhatsApp. 

Akan tetapi, Telegram memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola bisnis. Telegram menawarkan berbagai fitur, seperti transfer file besar, grup tak terbatas, channel, pembuatan bot kustom, hingga pengaturan privasi. 

Fitur tersebut dapat Anda manfaatkan apabila Anda telah mengetahui cara membuat akun bisnis di Telegram. 

Mengutip Donut.cx, ada berbagai manfaat apabila Anda membuat akun bisnis di Telegram. Salah satunya adalah kecepatan dan keamanan pada akun bisnis. 

Baca Juga: Cara Membuat Folder Chat di Telegram, Bikin Tampilan Obrolan Lebih Rapi

Telegram mengutamakan kecepatan dan keamanan karena mudah digunakan, cepat dalam mengunggah dan mengunduh file, serta mudah terhubung dengan sesama anggota.

Telegram memastikan keamanan dunia maya pengguna karena pesan Telegram dienkripsi, dan aplikasi dapat dihancurkan sendiri. Obrolan rahasia dapat dihancurkan sendiri tanpa gangguan apa pun.

Atur pesan untuk dihapus sendiri di semua obrolan baru melalui Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Hapus Otomatis Pesan.

chat Telegram

Pesan juga dapat dikirim dengan enkripsi klien-ke-klien dalam apa yang disebut obrolan rahasia.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara membuat akun bisnis di Telegram. Berikut caranya.

Cara membuat akun bisnis di Telegram 

Ikuti langkah-langkah ini untuk menyiapkan akun Telegram untuk bisnis:

1. Unduh aplikasi Telegram dari App Store atau Google Play dan buat akun pengguna Telegram biasa.

2. Buka Pengaturan

3. Masukkan nama lengkap, slogan iklan, alamat situs web, logo perusahaan, dan informasi kontak lainnya.

4. Konfirmasikan nomor telepon Anda dan buat nama pengguna.

5. Konfigurasikan pengaturan bisnis, termasuk opsi pembayaran, privasi, dan dukungan bahasa.

6. Siapkan pesan otomatis dan pesan sambutan khusus.

Baca Juga: Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui, Ternyata Ini Rahasianya

Cara membuat bot untuk akun bisnis Telegram

Untuk menyiapkan akun Telegram bermerek untuk bisnis Anda di Telegram, tidak seperti WhatsApp, Anda dapat menggunakan bot Telegram. Berikut langkah-langkah untuk membuat bot:

1. Bicaralah dengan BotFather: Untuk membuat bot baru, Anda perlu berbicara dengan BotFather. 

BotFather adalah bot yang membantu Anda membuat bot baru dan mengelola bot yang sudah ada. Anda dapat memulai percakapan dengan BotFather dengan mencari "@BotFather" di Telegram dan mengeklik hasilnya.

2. Buta bot baru: Setelah memulai percakapan dengan BotFather, ketik "/ bot baru" untuk membuat bot baru. BotFather akan menanyakan nama dan nama pengguna untuk bot Anda.

Nama adalah nama publik yang akan dilihat pengguna saat berinteraksi dengan bot Anda, sedangkan nama pengguna harus diakhiri dengan "bot" dan unik.

3. Dapatkan Token API: Setelah Anda membuat bot, BotFather akan memberi Anda token API. Token ini digunakan untuk mengautentikasi bot Anda dengan API Telegram. Anda memerlukan token ini untuk mengakses API dan membangun bot Anda.

Baca Juga: Cara Hapus Kontak Telegram yang Tidak Dikenal, Begini Langkah Mudah dan Praktisnya

4. Bangun Bot: Dengan token API Anda, Anda dapat mulai membuat bot menggunakan bahasa pemrograman pilihan Anda. Anda dapat menggunakan API Telegram untuk mengirim dan menerima pesan serta berinteraksi dengan pengguna dengan cara lain.

5. Menerapkan Bot: Setelah membuat bot, Anda perlu menerapkannya agar pengguna dapat menggunakannya. Anda dapat menggunakan bot Anda di server atau menggunakan layanan seperti Heroku atau AWS untuk menghostingnya.

Penting untuk mengikuti kebijakan dan persyaratan layanan Telegram Bot API saat membangun dan menggunakan bot Anda, serta undang-undang dan peraturan setempat yang mungkin berlaku untuk penggunaan bot Anda.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai akun bisnis di Telegram. Anda bisa mengikuti cara membuat akun bisnis di Telegram dengan cara yang telah dijelaskan di artikel ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News