Santai

Cara Membersihkan Baju yang Terkena Tinta Permanen

Cara Membersihkan Baju yang Terkena Tinta Permanen

MOMSMONEY.ID -  Tinta permanen, entah bolpoin atau spidol permanen bisa berguna dan bisa jadi bencana. Jika baju kesayangan Anda terkena tinta spidol atau bolpoin permanen, pastinya Anda panik karena membayangkan noda tak bisa hilang. 

Padahal, ada cara membersihkan baju Anda yang terkena tinta bolpoin atau spidol permanen. Semakin cepat Anda membersihkan setelah terkena tinta, semakin mudah noda tinta permanen tersebut akan hilang. 

Melansir The Spruce, tinta yang baru akan lebih mudah dibersihkan ketimbang tinta lama yang sudah tinggal di baju Anda. Sehingga jika tinta permanen tersebut sudah lama di baju, maka Anda harus melakukan cara membersihkan ini secara berulang hingga bersih. 

Baca Juga: WHO Revisi Peta Jalan Vaksin Covid-19, Kelompok Ini Cukup Booster Dosis Pertama

Cara membersihkan tinta permanen dari baju bisa menggunakan mesin cuci atau mencuci dengan manual memakai tangan. Bahan yang Anda butuhkan alkohol isopropil, deterjen laundry untuk tugas berat, pemutih berbahan dasar oksigen, kapas  dan tisu. 

Berikut cara membersihkan baju yang terkena tinta spidol atau bolpoin permanen

  1. Letakan tisu di atas meja atau permukaan lain yang akan Anda gunakan untuk membersihkan baju yang terkena tinta permanen
  2. Letakan baju yang terkena tinta permanen di atas tisu tersebut
  3. Celupkan kapas ke alkohol kemudian oleskan ke bagian jahitan baju yang tersembunyi. Diamkan sebentar dan periksa apakah ada perubahan warna. 
  4. Jika tak ada perubahan warna, maka Anda bisa melanjutkan cara membersihkan baju yang terkena tinta permanen. Jika terjadi perubahan warna, bawa ke jasa profesional. 
  5. Pastikan baju yang terkena noda tinta permanen tersebut berada di atas tisu.
  6. Oleskan kapas alkohol tadi ke bagian baju yang terkena tinta permanen. Lakukan dari bagian terluar noda ke bagian dalam, lakukan satu arah jangan dua arah. 
  7. Apabila kapas sudah berubah warna karena tinta menempel pada kapas, gunakan kapas baru. Lakukan hingga noda menghilang.

Apabila noda tinta permanen pada baju tidak juga hilang, gunakan larutan pemutih berbahan dasar oksigen yang dicampur dengan air hangat. Campurkan larutan tersebut dalam ember, kemudian rendam baju minimal 4 jam atau semalaman lebih baik. Jika noda tak hilang lagi, ulangi langkah merendam baju ini. 

Menggunakan pemutih berbahan dasar oksigen ini disarankan hanya untuk baju berwarna putih atau baju berwarna lain kecuali yang berbahan wool, sutra atau kulit. 

Baca Juga: Moms, Kenali Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

Setelah Anda berhasil membersihkan noda tinta spidol atau bolpoin permanen dari baju, cuci baju Anda seperti biasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News