Santai

Cara Melihat Waktu Pemakaian Aplikasi, Berikut 5 Aplikasi Screen Time Gratis

Cara Melihat Waktu Pemakaian Aplikasi, Berikut 5 Aplikasi Screen Time Gratis

MOMSMONEY.ID - Hampir semua smartphone menyediakan fitur waktu layar atau waktu pemakaian aplikasi. Ada cara melihat waktu pemakaian aplikasi yang bisa Anda simak. 

Artikel ini akan memberikan cara melihat waktu pemakaian aplikasi. Anda juga dapat menggunakan aplikasi screen time untuk mengontrol waktu pemakaian aplikasi. 

Sangat mudah untuk melihat waktu pemakaian aplikasi, bahkan tanpa aplikasi tambahan. Berikut adalah cara melihat waktu pemakaian aplikasi di Android:

1. Mulai aplikasi Pengaturan dan ketuk "Kesejahteraan Digital dan kontrol orang tua".

2. Ketuk "Tampilkan data Anda" di bagian alat Kesehatan Digital Anda di bagian atas halaman. 

3. Anda dapat melihat statistik penggunaan aplikasi Anda saat ini di bagian depan dan tengah layar. Untuk melihat laporan mingguan waktu pemakaian perangkat Anda di aplikasi, ketuk ikon grafik di kanan atas layar. 

Baca Juga: Cara Membuat Urutan Video TikTok Berdasarkan Paling Banyak Dilihat

Kesehatan Digital sudah terinstal di Android telepon, dan ternyata, ini adalah cara yang cukup efektif dan sederhana untuk mengatasi kecanduan telepon dan menghentikan Anda menggulir Facebook setiap beberapa menit saat Anda seharusnya bekerja.

Berikut 5 aplikasi screen time untuk mengendalikan waktu pemakaian:

1. iOS Screen Time

Aplikasi pembatas waktu layar bawaan Apple adalah cara terbaik untuk melacak waktu layar Anda tanpa mengunduh aplikasi lain. 

Anda dapat mengaksesnya dengan membuka Pengaturan > Waktu layar.

Dari sini, Anda dapat mengatur batas penggunaan untuk semua aplikasi Anda dan juga menjadwalkan Waktu Henti, serta mengatur aplikasi mana yang ingin Anda izinkan setiap saat.

Anda juga dapat mengakses grafik dan statistik waktu layar Anda setiap hari dan setiap minggu, sehingga Anda dapat melihat berapa banyak atau sedikit waktu yang Anda habiskan di ponsel. 

2. Social Fever

Social Fever memberikan bantuan mengatur waktu. Anda dapat dengan mudah menyetel penghitung waktu untuk memberi tahu Anda saat Anda telah melampaui batas. 

Baca Juga: Begini Cara Ekspor Kontak Telegram Lewat Web, Bisa Memindahkan Semua Data

3. Freedom

Freedom digunakan oleh lebih dari dua juta orang di seluruh dunia dan memungkinkan Anda membuat daftar blokir dan menjadwalkan waktu jauh dari aplikasi yang mungkin paling mengganggu. 

Apakah Anda ingin fokus belajar, menyelesaikan pekerjaan, atau sekadar menghentikan kebiasaan buruk menggunakan ponsel, aplikasi ini dapat membantu.

Cukup pilih situs web dan aplikasi yang ingin Anda blokir untuk memulai sesi Anda, dan Freedom akan mencegah Anda membukanya.

4. Space

Space sedikit berbeda dari banyak aplikasi waktu layar lainnya. Ruang membantu Anda menetapkan sasaran agar lebih memperhatikan penggunaan layar Anda.

Saat Anda menginstal Space, Anda akan menyelesaikan kuesioner singkat tentang Anda smartphone kebiasaan lalu pilih jenis pengguna yang paling cocok dengan Anda. 

Aplikasi kemudian menetapkan sasaran untuk membuka kunci layar dan penggunaan waktu, mengirimkan pemberitahuan saat waktu layar meningkat, dan memberi Anda penghargaan dengan lencana pencapaian yang berbeda saat Anda mencapai sasaran harian. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Akun WhatsApp yang Sama di iPhone dan Android Secara Bersamaan

5. AppDetox

AppDetox memungkinkan Anda membuat aturan dengan mudah untuk membatasi akses ke aplikasi tertentu. 

Jadwal biasa dan batasan berbasis waktu tersedia, serta opsi yang mengharuskan Anda berjalan kaki untuk mendapatkan waktu layar.

AppDetox adalah salah satu dari sedikit aplikasi yang menyediakan opsi Selamanya untuk aplikasi yang tidak dapat dihapus dari ponsel Anda. 

Nah, itulah cara melihat waktu pemakaian aplikasi beserta beberapa aplikasi screen time yang bisa Anda unduh secara gratis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News