AturUang

Cara Hemat Saat Liburan ke Luar Negeri Dijamin Gak Boros

Cara Hemat Saat Liburan ke Luar Negeri Dijamin Gak Boros

MOMSMONEY.ID - Saat ke luar negeri, biasanya Anda bakal kalap mencoba banyak hal untuk dieksplorasi hingga membeli oleh-oleh. Tapi tenang, ada cara hemat saat liburan ke luar negeri. 

Sebelum berlibur ke luar negeri, Anda sebaiknya membuat perencanaan yang matang supaya tak boros. Biasanya akomodasi makan dan tempat tinggal selama di luar negeri membutuhkan alokasi bujet yang cukup besar. 

Coba mulai menghitung alokasi bujet dengan lebih teliti dan detail. Melansir situs resmi BCA, pada dasarnya cara hemat saat liburan ke luar negeri adalah mengedepankan kebutuhan di atas keinginan. 

Baca Juga: Cara Menghidupkan HP yang Mati Total Tanpa Pergi ke Tempat Servis, Simak 6 Metode Ini

Cara hemat saat liburan ke luar negeri, dijamin tak boros

1. Membuat anggaran belanja harian

Cara hemat saat liburan ke luar negeri yang pertama adalah membuat perencanaan alias anggaran belanja harian sebelum Anda berangkat. Lakukan riset harga di tempat destinasi tujuan, dan perencanaan belanja yang Anda butuhkan. Kemudian Anda harus disiplin mengikuti anggaran tersebut. 

2. Tidak berlebihan menukar uang tunai

Cara hemat saat liburan ke luar negeri yang kedua adalah sebaiknya membawa uang tunai sesuai dengan anggaran Anda. Anda tetap disarankan membawa uang tunai saat liburan ke luar negeri, namun jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. 
Sebab saat uang tunai Anda kurang, Anda harus melakukan penarikan uang tunai melalui ATM untuk mendapatkan mata uang negara tersebut. Dan tentunya, ada biaya administrasi yang perlu Anda bayarkan. Sementara itu, membawa uang tunai terlalu banyak akan membuat Anda terdorong untuk boros. 

3. Mencatat pengeluaran harian

Cara hemat saat liburan ke luar negeri selanjutnya, Anda membutuhkan pengingat saat Anda mulai boros. Maka yang Anda perlu lakukan adalah mencatat pengeluaran harian. Apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang telah Anda buat sebelumnya atau justru jauh lebih boros. Namun, jika ada kelebihan uang, Anda juga perlu mencatat dan bisa Anda alokasikan untuk membeli oleh-oleh. 

4. Catat pembelian oleh-oleh

Cara hemat saat liburan ke luar negeri adalah jangan sampai membeli oleh-oleh justru menjadi beban untuk Anda. Maka sebelum berangkat, Anda bisa mencatat siapa saja yang perlu Anda belikan oleh-oleh dan buat sesuai dengan bujet Anda. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Malang, Moms Wajib Catat Nih

5. Manfaatkan kartu kredit

Buat Anda pengguna kartu kredit, penggunaan kartu kredit bisa membantu Anda untuk hemat saat liburan ke luar negeri. Menggunakan kartu kredit membuat pengeluaran jadi terasa lebih ringan karena Anda bisa membayar bertahap. 

Demikian informasi mengenai cara hemat saat liburan ke luar negeri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan selamat menikmati liburan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News