Santai

Cara Hapus Pesan WhatsApp Secara Otomatis, Atur Fitur Penting Ini

Cara Hapus Pesan WhatsApp Secara Otomatis, Atur Fitur Penting Ini

MOMSMONEY.ID - WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur baru yang disebut “Pesan Menghilang”, yang memungkinkan pengguna menghapus pesan secara otomatis setelah tujuh hari, sehingga membantu mereka menghemat ruang di ponsel mereka. 

Fitur tersebut tentunya akan memudahkan pengguna yang ingin hapus pesan WhatsApp secara otomatis. 

Hapus pesan WhatsApp ini juga akan secara otomatis menghilangkan pesan Anda sehingga tidak ada bekas atau jejak pesan terhapus. 

Baca Juga: Cara Hapus Pesan Gmail Hanya Satu Kali Klik, Bisa Menghapus Semua Email

Namun, bagaimana cara mengatur fitur "Pesan Menghilang" itu untuk hapus pesan WhatsApp? 

Anda dapat mengaktifkan opsi “Pesan yang Hilang” untuk obrolan tertentu yang ingin Anda hapus dan WhatsApp hanya akan menghapus obrolan tersebut. Ingat, ini juga akan menghapus pesan dari ponsel pihak lain. 

Bagaimanapun, jika mereka meneruskan atau mengaktifkan unduh otomatis untuk foto dan video, file tersebut tidak akan otomatis terhapus dari perangkat Anda, hanya dari obrolan. Selain itu, fitur ini tidak berfungsi pada obrolan grup untuk saat ini.

Untuk mengaktifkan fitur Pesan Hilang, buka WhatsApp, lalu pilih obrolan tertentu yang ingin Anda hapus riwayat obrolannya.

Sekarang klik menu tiga titik dan klik “Lihat Kontak” untuk membuka profil mereka. Alternatifnya, Anda juga dapat mengetuk namanya untuk membuka profilnya.

Baca Juga: Cara Kirim Pesan Video di Telegram, Fitur Baru Mirip WhatsApp

stiker telegram

Gulir ke bawah dan Anda dapat menemukan opsi yang disebut “Pesan Menghilang”. Klik di atasnya.

Sekarang klik “Lanjutkan” di popup yang muncul. Di sini ubah tombol dari "Mati" menjadi "Aktif" dan selesai. Pesan Anda akan dihapus secara otomatis setelah 7 hari. Bagaimanapun, Anda tidak memiliki opsi untuk menyesuaikan hari dan waktu.

Fitur ini akan menghapus pesan dan media dari obrolan tertentu hanya sejak Anda mengaktifkannya. 

Baca Juga: Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Dibuka, Begini Tipsnya

Jadi pesan lama Anda tidak akan terhapus secara otomatis. Bagaimanapun, menghapus pesan lama itu sederhana.

Di beranda WhatsApp. Tekan lama pada kontak yang ingin Anda hapus pesan sebelumnya. Sekarang klik tombol hapus di sudut kanan atas dan klik "OK". Itu saja, pesan Anda sebelumnya akan dihapus dan pesan Anda berikutnya akan otomatis terhapus setelah 7 hari.

Begitulah cara hapus pesan WhatsApp secara otomatis yang dapat Anda coba lakukan sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News