Bugar

Cara Efektif Mengatasi Trauma yang Bisa Anda Coba

Cara Efektif Mengatasi Trauma yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa cara efektif mengatasi trauma yang bisa Anda coba. Simak penjelasan lengkapnya.

Trauma psikologis biasa menimpa seseorang yang pernah mengalami kejadian yang sangat menyedihkan, menakutkan, atau mengancam nyawa.

Inilah beberapa cara efektif mengatasi trauma yang bisa Anda coba. Trauma psikologis kadang bisa pulih dengan sendirinya seiring waktu.  

Seseorang yang mengalami kejadian trauma biasanya merasa syok, takut, sedih, dan cemas berlebihan secara berkepanjangan.

Meskipun hal yang dialami serupa, reaksi tiap orang pun akan berbeda-beda ketika menghadapi kejadian traumatis.

Oleh karena itu, orang yang mengalami kejadian traumatdisarankan untuk melakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mencegah terjadinya trauma psikologis yang mendalam.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Mental Remaja

Mengenali tanda trauma

Seiring berjalannya waktu, ketakutan yang dialami akibat peristiwa trauma umumnya dapat hilang secara alami, namun juga ada yang susah melupakannya.

Sebagian orang bisa mengalami trauma terus-menerus hingga menimbulkan stres dan rasa takut yang berlebihan. Trauma semacam ini dikenal sebagai PTSD (post-trauma stress disorder).

Untuk mengatasi PTSD, butuh psikoterapi yang dipandu secara langsung oleh psikiater agar akar masalahnya bisa diatasi.

Psikiater akan akan membantu penderita PTSD memahami, mengelola, dan mengembangkan cara yang spesifik untuk menghilangkan trauma.

Selain itu, penggunaan obat antidepresan dan pereda cemas mungkin juga dibutuhkan, apabila penderita PTSD sudah mengalami depresi atau gangguan cemas. 

Penderita juga bisa diajarkan teknik-teknik tertentu untuk menurunkan tingkat stres yang disebabkan oleh trauma, misalnya dengan terapi EFT.

Menghilangkan trauma memang bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Jika Anda merasa tidak dapat melakukannya sendiri, janganlah segan untuk meminta bantuan orang terdekat atau bantuan ahli, seperti psikiater atau psikolog.

Namun, kesembuhan trauma tidak berlangsung begitu saja. Dilansir dari Mental Health, cara efektif mengatasi trauma bisa dilakuan dalam lima fase berikut:

1. Pre-trauma, saat Anda masih memegang sifat dan sudut pandang sebelum trauma terjadi 

2. Perenungan, ketika otak berusaha melihat trauma 

3. Mengubah apa yang ingin Anda lakukan ke depan 

4. Kontrol, saat Anda mulai mengambil langkah aktif untuk mengubah hidup dan mengatasi gejala trauma 

5. Menyesuaikan diri dan trauma sudah tidak mengendalikan hidup 

6. Pemulihan trauma tidak selalu sesuai fase tersebut. Lamanya waktu penyembuhan juga bergantung pada diri sendiri. 

Cara mengatasi masalah yang fokusnya pada emosi lebih sering terjadi pada wanita. Sedangkan, pria lebih fokus pada cara menyelesaikan masalah. 

Menurut penelitian, ternyata psikoterapi banyak memberikan manfaat lebih kepada wanita ketimbang pria. 

Jika terjadi trauma berkepanjangan atau PTSD yang tak juga hilang, semakin berat, hingga mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk konsultasi psikolog atau psikiater.

Baca Juga: 5 Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan pada Manusia

Akan tetapi, secara umum, mengutip Healthline dan Mental Health, ada sejumlah cara efektif mengatasi trauma yang bisa Anda coba, antara lain: 

1. Fokus pada masa sekarang

Cara efektif mengatasi trauma yang pertama adalah berusaha fokus pada masa kini. Biarlah masa lalu menjadi masa lalu. Jangan sampai masa lalu terus mengendalikan kehidupan Anda.

Semakin Anda berusaha fokus pada apa yang dijalani sekarang, pikiran negatif akan semakin sulit mengontrol. Hal ini akan memberikan kebebasan pada pilihan yang Anda ambil sekarang.

2. Terapi dengan psikolog atau psikiater

Cara efektif mengatasi trauma yang kedua adalah terapi dengan profesional. Cara mengatasi trauma memang bisa berbeda-beda. Hal ini bergantung pada tingkat keparahannya.

Namun, jika trauma sudah menjadi post-trauma stress disorder, terapi utamanya adalah psikoterapi. Ada kalanya pemberian obat juga dibutuhkan sebagai bagian dari terapi.

3. Mengalihkan pikiran negatif

Berikutnya, cara efektif mengatasi trauma yang perlu Anda lakukan adalah cari pengalihan dari pikiran negatif. Hal negatif yang terus-menerus dipikirkan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

Usahakan alihkan pikiran negatif Anda. Caranya adalah menyibukkan diri, misalnya menekuni hobi, menjadi relawan kegiatan sosial, atau bergabung dengan suatu komunitas.

4. Dekatkan diri dengan orang-orang yang bikin Anda tenang

Cara efektif mengatasi trauma yang keempat adalah mendekatkan diri dengan orang-orang yang bikin Anda merasa tenang. Cemas dalam tahapan tertentu memang wajar.

Namun, kalau terlalu sering, hal itu dapat berefek buruk pada psikis orang yang punya trauma.

Untuk mengurangi rasa cemas tersebut, kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang menenangkan. Energi positif mereka bisa membantu untuk mengalihkan kecemasan.

5. Akui dan bersikaplah lebih terbuka

Cara efektif mengatasi trauma yang kelima adalah mengakui dan bersikap lebih terbuka. Trauma masa lalu terkadang berupa peristiwa memalukan yang tidak mau dibagi kepada orang lain.

Namun, semakin Anda menyimpannya rapat-rapat, bisa makin parah dampak traumanya. Untuk itu, cobalah mengakui kesalahan, memaafkan diri sendiri, dan tumbuhkan lagi kepercayaan diri.

Mencurahkan pikiran dan perasaan kepada orang dengan pengalaman serupa juga dapat menguatkan diri. Jadi, Anda tidak akan merasa sendirian.

Jika tidak cukup nyaman untuk bercerita, tulislah sebuah jurnal untuk menuangkan perasaan.  

6. Berusaha menghadapi rasa takut

Cara efektif mengatasi trauma yang selanjutnya adalah berusaha menghadapi rasa takut yang datang. Takut dan cemas akibat peristiwa traumatis itu wajar.

Akan tetapi, terus-menerus takut dan kadarnya berlebihan akan menurunkan produktivitas. Secara bertahap, kuatkan diri dan jadilah berani dalam menghadapi ketakutan.

Baca Juga: Daftar Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol, mulai Apel hingga Kiwi

7. Relaksasi

Anda bisa mencoba untuk bermeditasi dan melakukan peregangan sebagai cara mengatasi trauma masa lalu. Langkah ini umumnya cukup ampuh bila dilakukan rutin. 

Pusatkan konsentrasi, pikiran, dan perasaan pada hal-hal positif serta menumbuhkan semangat. Pikirkan peristiwa-peristiwa atau hal yang membuat Anda bahagia!

8. Peduli pada diri sendiri

Cara efektif mengatasi trauma yang berikutnya adalah menanamkan rasa peduli pada diri sendiri. 

Lakukan perawatan diri, seperti melakukan hal-hal menyenangkan dan memberikan waktu kepada diri sendiri. Dengarkan diri sendiri, apa yang menjadi kebutuhan Anda.

9. Bersabar dan beranilah

Jika Anda atau kerabat dekat sedang mengalami trauma, salah satu cara menyembuhkan trauma masa lalu yang tak kalah penting adalah sabar.

Menghilangkan trauma itu butuh waktu yang cukup panjang dan keberanian yang kuat untuk menghadapinya.

Jadi, sebaiknya tidak bersikap terlalu keras pada diri sendiri demi pulih dari trauma. Lakukan perlahan dan sabar namun konsisten.

Mengatasi trauma memang bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Jika Anda merasa tidak dapat melakukannya sendiri, janganlah segan untuk meminta bantuan orang terdekat atau bantuan ahli, seperti psikiater atau psikolog.

Itulah beberapa cara efektif mengatasi trauma yang bisa Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News