HOME, Keluarga

Cara Budidaya Daun Bawang Dalam Pot di Rumah

Cara Budidaya Daun Bawang Dalam Pot di Rumah

MOMSMONEY.ID - Tanaman daun bawang sering menjadi bahan makanan yang tak pernah terlewatkan dalam setiap masakan.

Aromanya yang khas, selalu membuat hidangan makanan menjadi lebih harum. Apalagi jika kondisi bawang masih segar dan mengembang. Jika Anda inginselalu memiliki stok daun bawang di rumah, menanam daun bawang sendiri adalah ide yang bagus.

Menanam daun bawang tidak selalu harus menggunakan tanah pekarangan. Anda juga bisa menggunakan pot atau polybag. Selain itu, Anda juga dapat menyimpannya di dalam rumah. Lalu, bagaimana caranya?

Baca Juga: Masalah yang Sering Dihadapi Tanaman Hias Monstera atau Janda Bolong

Pertama-tama, hal yang perlu Anda persiapkan adalah memilih bibit daun yang ingin ditanam. Anda tak perlu repot-repot membeli bibit baru. Anda bisa menggunakan teknik stek akar untuk menanam.

Pilihlah daun bawang yang masih memiliki akar utuh dengan tampilan sehat, segar, tidak berjamur, atau hampir busuk.

Kemudian, potong bagian atasnya dan sisakan sekitar 5-10 cm. Setelah bibit terpilih, Anda dapat menyemai bibit tersebut dengan menyimpannya di dalam gelas berisi air.

Setelah penyemaian selesai, hal yang dipersiapkan berikutnya adalah media tanam. Pilihlah tanah gembur, subur, dan kandungan unsur hara yang melimpah.

Kemudian, campur pupuk kandang atau kompos. Sementara itu, Anda harus memilih pot yang memiliki saluran air yang baik, sehingga tanah tidak akan basah kuyup saat disirami.

Dilansir dari Wikihow.com, tanam hasil semaian daun bawang sedalam 3 cm, arahkan sisi akar ke bawah.

Beri jarak 5-6 cm antarbibit untuk memberi ruang bentuk akar agar tak berkerumun satu sama lain. Jangan lupa untuk kembali memadatkan tanah agar tanaman kokoh.

Baca Juga: Ingin Bercocok Tanam dengan Aeroponik? Berikut Pilihan Jenis Tanamannya

Cara merawat daun bawang, Anda hanya perlu rutin menyiraminya ketika tanah mulai kering dan meletakkan pot di dekat jendela yang menerima cahaya sinar matahari sepanjang hari. Selain itu, Anda perlu melakukan pemupukan selama 3 minggu sekali.

Tanaman daun bawang ini dapat dipanen setelah 75 hari atau secara fisik dapat dilihat daunnya sudah berwarna hijau tua, berdaun keras, dan menguning di bagian bawah.

Anda dapat mengambil bagian daun yang sudah tua dan keras, lalu membiarkan anakan yang masih kecil agar terus tumbuh dan bisa dipanen pada waktu berikutnya.

Selanjutnya: Metode Pemberian Pupuk yang Baik Pada Tanaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News