Keluarga

Cara Bikin Daging Jadi Empuk, Gunakan Bahan Tradisional Ini!

Cara Bikin Daging Jadi Empuk, Gunakan Bahan Tradisional Ini!

MOMSMONEY.ID - Mau bikin daging jadi lebih empuk dengan berbagai bahan dan cara tradisional yang bisa didapatkan dengan mudah? Coba ikuti langkah berikut ini, yuk!

Melansir Omela dan Bradley Smoker, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan.

Buah kiwi dan nanas

Cara tradisional pertama agar daging jadi lebih mudah empuk adalah dengan melumurinya menggunakan buah kiwi atau nanas.

Caranya, buah kiwi atau nanas bisa diparut atau diblender hingga cukup halus. Lalu lumuri buah tadi ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu cuci bersih.

Baik buah kiwi dan buah nanas, keduanya dapat membuat daging jadi empuk karena mengandung enzim bromelin dan papain yang bisa membuat serat daging jadi melunak.

Baca Juga: Mengenal Brining Daging, Metode Rendam Daging dengan Air Garam

Kulit pisang yang sudah matang

Cara tradisional berikutnya yang bisa dilakukan agar daging jadi empuk adalah dengan menggunakan kulit pisang. Daging dimasukkan bersama kulit pisang yang sudah matang dan bersih ke dalam oven atau panci pemanggang.

Cara tradisional yang satu ini selain dapat membuat daging jadi empuk, juga akan membuat daging jadi terasa lebih gurih. Tenang saja, aroma kulit pisang tak akan menempel pada daging.

Teh

Merendam daging dalam air teh merupakan salah satu cara tradisional yang dapat membuat daging jadi empuk. Ini karena teh mengandung tannin yang merupakan pelunak alami.

Caranya mudah, cukup seduh teh dan biarkan teh mendingin. Setelah itu rendam daging pada teh sekitar 30 menit. Cara ini akan membuat daging jadi juicy dan lebih gurih meski daging diasapi.

Baca Juga: Cara Terbaik Simpan 6 Bahan Makanan Ini agar Tetap Segar dan Tak Busuk

Yogurt

Cara tradisional lainnya yang bisa bikin daging jadi empuk dan lebih juicy adalah dengan merendamnya dalam yogurt. Kalsium yang terkandung pada yogurt bereaksi dengan protein di otot dan memecahkannya untuk menghasilkan cairan atau sari-sari daging.

Sari-sari daging ini yang dapat membuat daging jadi lebih empuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News