Santai

Cara Beli Tiket KRL Online Jogja-Solo Pakai LinkAja, Ada Syarat Minimal Saldo

Cara Beli Tiket KRL Online Jogja-Solo Pakai LinkAja, Ada Syarat Minimal Saldo

MOMSMONEY.ID - Pergi dari Jogja ke Solo, maupun Solo ke Jogja kini semakin mudah menggunakan KRL. Simak cara beli tiket KRL online Jogja-Solo pakai LinkAja dan syarat minimal saldo LinkAja untuk naik KRL.

Melansir situs resmi LinkAja, jika Anda ingin beli tiket KRL online Jogja-Solo pakai LinkAja, pastikan saldo minimal Rp 16.000. Ketentuan ini berlaku per tanggal 6 Oktober 2022. 

Ketentuan minimal saldo LinkAja untuk beli tiket KRL online Jogja-Solo ini berubah dari semula Rp 13.000 menjadi Rp 16.000. 

Saat ini KAI commuter atau KRL mengoperasikan dua jenis layanan kereta di wilayah Yogyakarta. Pertama, KRL Yogya-Solo pada lintas Yogyakarta-Palur tarifnya Rp 8.000.

Kedua, KA Lokal Prameks pada lintas Kutoarjo – Yogyakarta dengan tarif sebesar Rp 8.000. 

Baca Juga: Begini Cara Cek Total Riwayat Belanja di Shopee

Mengutip situs resmi KRL, untuk naik KRL, Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), commuterpay, uang elektronik Bank lainnya dan pembayaran melalui aplikasi yang menyediakan fasilitas scan barcode yang sudah bekerjasama. 

Saat ini cara beli tiket KRL online Jogja-Solo bisa pakai LinkAja.  Sementara, beli tiket KRL online Jogja-Soli belum bisa pakai GoTransit Gojek. Sebab layanan GoTransit saat ini baru tersedia di Jabodetabek.

Jika Anda mau menggunakan LinkAja sebagai pembayaran KRL simak caranya di bawah ini. 

Begini cara beli tiket KRL online pakai LinkAja

  1. Buka Aplikasi LinkAja
  2. Pilih menu Kode Tiket
  3. Akan muncul barcode pada aplikasi LinkAja Anda.
  4. Silakan arahkan barcode tersebut pada scanner yang ada digate KRL.
  5. Untuk keluar, Anda juga hanya perlu memilih menu Kode Tiket pada aplikasi LinkAja Anda. 
  6. Saat keluar arahkan kembali barcode tersebut pada scanner yang ada digate KRL.

Pembayaran menggunakan scan barcode LinkAja memakai sistem pemotongan saldo di awal. Kemudian saldo akan dikembalikan jika ada kelebihan bayar atau pemotongan di awal. Nah, pastikan saldo yang Anda miliki mencukupi, ya!

Baca Juga: Yuk Cek Total Riwayat Transaksi Anda di Gojek Setahun! Begini Caranya!

Itu tadi informasi cara beli tiket KRL Jogja-Solo pakai LinkAja. Pembayaran menggunakan LinkAja bisa Anda gunakan untuk KRL Jabodetabek dan KRL Jogja-Solo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News