Santai

Cara Atur Jadwal Cuitan di Twitter, Bisa Kirim Tweet Sesuai Waktu yang Diinginkan

Cara Atur Jadwal Cuitan di Twitter, Bisa Kirim Tweet Sesuai Waktu yang Diinginkan

MOMSMONEY.ID - Twitter sekarang memiliki fitur untuk mengatur jadwal cuitan. Pengguna bisa menjadwalkan tweet dari Twitter kapan saja. Bagaimana cara atur jadwal cuitan di Twitter?

Cara atur jadwal cuitan di Twitter cukup mudah. Anda bisa menjadwalkan tweet kapanpun yang Anda inginkan. 

Nantinya, tweet tersebut akan terkirim sesuai waktu yang telah Anda atur. Cara atur jadwal cuitan di Twitter bisa Anda simak di artikel ini. 

Namun, cara atur jadwal cuitan di Twitter ini hanya bisa dilakukan di desktop atau twitter.com. 

Baca Juga: Cara Mematikan Autoplay Video di Twitter, Bisa Menghemat Paket Data

Aplikasi Twitter di ponsel smartphone belum menyediakan fitur atur jadwal cuitan di Twitter. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak caranya. 

Mengutip Androidauthority.com, berikut cara atur jadwal cuitan di Twitter:

1. Jadwalkan tweet melalui Twitter.com (desktop)

Sayangnya, fitur tersebut hanya tersedia di Twitter versi desktop. Ketik tweet Anda dan tambahkan media apa pun seperti gambar, video, GIF, emoji, atau jajak pendapat, seperti biasanya.

Klik ikon kalender/jam untuk membuka opsi penjadwalan. Tetapkan tanggal dan waktu sesuai pilihan Anda dan zona waktu, pilihan praktis jika Anda perlu mengetahui waktu yang berbeda di seluruh dunia. 

Secara default, sepertinya Twitter akan menyetel tweet tepat selama lima hari ke depan. Klik Konfirmasi di kanan atas, dan twit Anda dijadwalkan.

2. Aplikasi tambahan 

Selain menggunakan desktop, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mengatur jadwal cuitan di Twitter. 

Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Buffer dn Hootsuite yang sudah lama digunakan untuk mengatur jadwal tweet.

Baca Juga: Cara Download GIF di Twitter dengan Mudah, Simpan Pakai 4 Metode Ini

Layanan ini biasanya juga memiliki aplikasi seluler, sehingga Anda dapat mem-posting dan menjadwalkan saat bepergian, serta analitik, dan kemampuan untuk posting ulang konten lama dengan sekali klik.

Namun sayangnya, aplikasi ini tidak gratis. Paket berbayar sama sekali tidak murah, dengan harga biasanya mulai sekitar US$ 15-US$ 20 per bulan.

Oleh karena itu, aplikasi pihak ketiga biasanya dipasarkan ke profesional media sosial, seperti influencer Instagram dan pengusaha e-niaga. Dengan kata lain, heavy user yang akan memotong biaya tersebut sebagai pengeluaran bisnis.

Fitur Tweet Circle 

Nah, fitur Twitter Circle bisa digunakan apabila Anda tak ingin membagikan cuitan yang dapat dilihat oleh semua pengguna. 

Anda bisa menggunakan Twitter Circle untuk membagikan cuitan hanya ke teman dekat. Sama seperti fitur Close Friend Instagram, cara menggunakan Twitter Circle cukup mudah.

Perlu diketahui, Twitter Circle dapat berisi hingga 150 orang. Anda tidak harus mengikuti orang untuk menambahkan mereka ke Twitter Circle. 

Baca Juga: Bukan Diblokir, Ini Arti User Not Found di Instagram Beserta Penyebabnya

Selain itu, mereka juga tidak perlu mengikuti Anda. Anda tidak dapat membuat beberapa Twitter Circle untuk grup orang yang berbeda.

Twitter hanya mengizinkan Anda untuk memiliki satu Lingkaran, tetapi Anda dapat mengubah anggotanya kapan pun Anda mau.

Nah, untuk mengetahui cara menambahkan orang ke Twitter Cirle, simak caranya sebagai berikut:

1. Di aplikasi Twitter, ketuk tombol Baru untuk mulai membuat tweet. Di sebelah kanan ikon akun Anda, ketuk Publik.

2. Di jendela pop-up Pilih pemirsa, Anda akan melihat opsi untuk Lingkaran Publik dan Twitter. Di sebelah kanan Lingkaran Twitter, ketuk Edit.

3. Di halaman Edit Lingkaran Twitter Anda, ketuk Direkomendasikan.

4. Cari atau jelajahi orang yang ingin Anda tambahkan ke circle Anda. Ketuk Tambahkan untuk menambahkan setiap orang ke circle Anda, dan Anda dapat menambahkan nomor berapa pun hingga 150 orang. Mereka akan muncul di tab Twitter Circle di jendela ini.

Baca Juga: Apa Itu Twitter Circle? Simak Cara Membuat Tweet Pribadi Hanya ke Teman Dekat

5. Saat Lingkaran Anda selesai, ketuk X di kiri atas.

Untuk mengirim tweet ke anggota Lingkaran Twitter Anda, mulailah dengan menulis twit Anda seperti biasa.

Di sebelah kanan ikon akun Anda, ketuk Publik untuk melihat jendela pop-up Pilih audiens.

Ketuk Twitter Circle. Sekarang Anda akan melihat Lingkaran Twitter muncul di sebelah kanan ikon akun Anda. Ketuk tweet untuk mengirimkannya. 

Itulah informasi mengenai cara atur jadwal cuitan di Twitter dengan mudah. Anda bisa mengirim tweet yang sudah dijadwalkan pada hari sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News