HOME, Bugar

Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Bau mulut saat berpuasa adalah hal yang wajar terjadi. Namun, beberapa orang mungkin merasa terganggu dan berharap bisa mencegahnya.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti menghindari makanan tertentu, rajin menyikat gigi, dan berkumur setelah makan.

Pasalnya, tak makan dan minum selama berjam-jam bisa menyebabkan kondisi yang disebut halitosis. Maka, Anda membutuhkan cara untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. 

Baca Juga: 5 Tips Aman Berpuasa bagi Penderita Asam Lambung

Dilansir dari Women Health, berikut ini adalah beberapa cara ampuh mencegah dan mengatasi bau mulut saat berpuasa, antara lain:  

1. Saat sahur dan berbuka, hindari mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti jengkol atau keluarga bawang-bawangan.

2. Hindari makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi karena dapat memicu perkembangan bakteri di dalam mulut.

3. Banyak minum air putih saat sahur maupun berbuka agar mulut tidak kering.

4. Berkumur dengan air garam terutama sebelum tidur. Garam bersifat antiseptik sehingga dapat mencegah bau mulut.

Baca Juga: 5 Cara Alami yang Ampuh Menghilangkan Karang Gigi

5. Rutin sikat gigi dua kali sehari terutama setelah sahur dan sebelum tidur malam. Sikat gigi secara menyeluruh, pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

6. Berkumur dengan mouthwash. Sebaiknya pilih mouthwash yang tidak mengandung alkohol. Mouthwash berguna untuk membunuh bakteri di mulut dan menghilangkan bau mulut.

7. Sikat juga lidah anda saat menyikat gigi. Lidah juga dapat menjadi sarang bakteri yang menyebabkan timbulnya masalah bau mulut. Bersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi atau alat khusus yang banyak tersedia di pasaran.

8. Berhenti merokok, faktanya bahan kimia yang ada di dalam rokok bisa menjadi pemicu bau mulut. Zat-zat tersebut bisa meningkatkan risiko peradangan dan infeksi pada gigi serta gusi. Selain itu, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan mulut kering.

Itulah beberapa cara ampuh mengatasi bau mulut saat berpuasa yang bisa Anda lakukan beserta penyebab yang harus dihindari.  

Jika sudah melakukan berbagai cara tetapi bau mulut tidak kunjung membaik, disarankan untuk memeriksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mengetahui penyebab yang mendasari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News