HOME, Bugar

Cara Alami Mengobati Bronkitis yang Perlu Anda Ketahui

Cara Alami Mengobati Bronkitis yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Bronkitis terjadi karena peradangan pada bronkus. Bronkus merupakan tabung jalur udara bercabang yang menuju paru-paru bagian kanan dan kiri. Peradangan pada bronkus bisa terjadi karena beberapa faktor.

Pengobatan perlu segera dilakukan untuk mengatasi penyakit ini, termasuk perawatan di rumah. Secara umum, bronkitis dibagi menjadi dua jenis, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Gejala khas bronkitis meliputi batuk yang berlangsung selama satu minggu atau lebih.

Penyakit ini harus segera ditangani untuk menghindari risiko komplikasi atau gangguan kesehatan lain yang lebih parah. Bronkitis yang tidak segera diobati bisa berlangsung hingga berbulan-bulan, bahkan menahun.

Baca Juga: 5 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Selain pengobatan medis, perawatan di rumah juga perlu dilakukan untuk meredakan gejala bronkitis. Berikut ini pengobatan bronkitis yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Minum obat penghilang nyeri 

Mengobati bronkitis di rumah juga bisa dilakukan dengan konsumsi obat penghilang nyeri. Ada beberapa jenis obat penghilang nyeri yang bisa dibeli secara bebas di apotek. 

2. Jangan merokok 

Saat mengalami bronkitis, sebaiknya hindari atau berhenti merokok. Sebab, hal ini bisa memperburuk gejala yang muncul. Nyatanya, merokok juga merupakan salah satu penyebab utama bronkitis.

Menghirup asap rokok bisa memperparah gejala batuk yang muncul akibat asap rokok. Selain itu, disarankan juga untuk menjauh dari hal-hal yang memicu bronkitis, seperti debu, polusi udara, serta zat kimia tertentu. 

3. Terapi uap

Lakukan terapi uap sebagai bagian dari obat tradisional bronkitis yang bisa dilakukan di rumah. Entah itu dengan mandi air panas atau menghirup uap dari air panas dalam baskom, cara ini bisa membantu mengencerkan dahak dan membuangnya pun jadi lebih mudah.

Uap ini juga membantu otot menjadi lebih rileks setelah terus menerus bekerja keras saat terbatuk. Ketika melakukan terapi uap, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas karena berisiko membakar saluran pernapasan.

Baca Juga: Jangan Biarkan Jika Alami Batuk Berdarah, Kenali 14 Penyebabnya

4. Cukup beristirahat 

Saat mengidap bronkitis, disarankan untuk cukup beristirahat. Sebab, hal ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses pemulihan infeksi. Ada penelitian yang menyebut tidur bisa membantu pemulihan infeksi lebih cepat.

Selain itu, salah satu gejala dari bronkitis adalah batuk-batuk dan kelelahan tubuh, sehingga istirahat atau cukup tidur bisa sangat membantu. 

5. Konsumsi makanan sehat 

Saat mengalami bronkitis, disarankan juga untuk mengonsumsi makanan sehat, di antaranya buah-buahan, sayuran, ikan, daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan.  Mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga cepat sembuh. 

Disarankan juga untuk meningkatkan konsumsi makanan yang rendah lemak, produk susu, serta membatasi lemak jenuh dan trans, kolesterol, garam, serta gula tambahan.

Itu dia informasi mengenai obat herbal bronkitis dan metode pengobatan bronkitis secara tradisional tanpa obat-obatan medis lainnya. Apabila gejala bronkitis disertai batuk yang tak kunjung mereda setelah satu bulan, demam tinggi, kesulitan bernapas, sakit kepala, hingga batuk berdarah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: 5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi untuk Meredakan Asma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News